Yuk Ciptakan Ruang Publik Yang Aman

24 October 2019, 21:05 WIB
0 0 46
Gambar untuk Yuk Ciptakan Ruang Publik Yang Aman
Transportasi umum menjadi andalan bagi warga kota besar, seperti Jakarta. Salah satu guna transportasi umum untuk mengantisipasi kemacetan dan polusi udara.

Bagi pengguna transportasi umum, punya pengalaman yang tidak enak? Seperti pelecehan seksual. Tahukah kamu, kalau korban pelecehan seksual 80% terjadi perempuan dan 20% korban pelecehan seksual adalah laki-laki.

Saya pernah berdiskusi dengan seorang aktivis perempuan, Anindya Restuviani yang juga menjabat Co-Director Hollaback! Jakarta, pelecehan paling banyak berupa kekerasan verbal seperti "Hey.. Cantik" atau mengucapkan "Assalamualaikum" kepada peprempuan berjilbab yang ditemui di jalan. kekerasan ini dikenal sebagai catcalling.

Sebagian besar korban pelecehan pasti trauma. Tidak salah setiap orang mempunyai "self defense" atau lebih sederhana kita bisa menggunakan barang bawaan sehari-hari sebagai senjata untuk melawan. Tapi ini hanya untuk melindungi diri ya, bukan untuk kekerasan. Ataupun sebagai saksi, kita bisa menegur pelaku lekerasan dengan menegurnya atau melaporkam kepada pihak berwajib.

Yuk.. guys kita lawan pelecahan dan ciptakan ruang publik yang aman untuk semua!

#MillennialsChangeMaker

  Komentar untuk Yuk Ciptakan Ruang Publik Yang Aman

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!