Warna Warni Urine Dan Artinya

25937 medium 80808188 urine sample with reagent strip for urinalysis in laboratory
Assalamualaikum.. Gimana puasa hari ini, Atmaguys? Semoga lancar dan tetap produktif di hari jumat yang penuh berkah ini yaa!

Kali ini kita akan membicarakan soal "barang buangan" toilet sering kali menjadi hal yang tabu nih. Obrolan mengenai pup, urin maupun kesehatan organ reproduksi dan sex memang masih menjadi hal tabu bagi sebagian masyarakat Indonesia. Namun mau gak mau, kamu perlu mengetahui informasi semacam itu untuk kesehatanmu sendiri loh Atmaguys. So, terkait urin dan warna warninya akan dibahas dibawah ini ya, baca sampai akhir ya!



1. Benar-benar bening, tapi tetap agak sedikit kuning.

Ini tandanya kamu minum banyak sekali. Gak perlu minum sebanyak itu kok daripada kerja ginjalmu berat. Kurangi sedikit saja.

2. Berwarna kuning ala sedotan bening.

Kamu bisa dianugerahi penghargaan urin sehat. Pipis yang berwarna kuning lembut yang bening itu artinya kamu sehat dan terhidrasi dengan cukup.

3. Terlihat kuning, tapi masih transparan.

Di sinilah batas normal hidrasi. Kamu masih aman kok!

4. Kuningnya agak lebih terlihat jelas.

Masih dalam batas normal, tapi kayaknya sebentar lagi kamu perlu minum air lagi. Ini seperti sebuah alarm batas hidrasi.

5. Agak berwarna seperti madu.

Kayaknya kamu haus deh. Ini sudah tanda bahwa kamu dehidrasi. Segera minum air ya, Atmaguys!


6. Kuningnya cenderung ke warna neon.

Ini tanda bahwa tubuhmu kelebuhan kandungan riboflavin. Artinya kamu baru saja mengeluarkan ekstrak dari multivitamin yang kamu minum.


7. Berwarna kecoklatan.

Bisa diartikan bahwa kamu dehidrasi parah atau ada masalah lain, seperti gangguan organ hati. Minumlah air yang banyak dan pantau perkembangan warnanya setelah itu. Kalau masih seperti sirup kecoklatan, segera periksakan ke dokter.

Obat-obatan seperti obat malaria (primakuin dan klorokuin), nitrofurantoin, metronidazole, methocarbamol (relaksan otot) dan obat pencahar (cascara atau senna). Beberapa infeksi saluran kemih, ginjal dan gangguan hati (liver) juga dapat menyebabkan urin berwarna coklat.


8. Berwarna pink atau kemerahan.

Ini bisa jadi kamu habis makan buah bits, bluberi, rhubarb, buah naga berdaging ungu atau buah serupa. Namun bisa juga berarti ada darah di urinmu. Jika kamu curiga itu darah, segera periksakan ke dokter. Karena itu bisa jadi tanda gangguan ginjal, infeksi saluran kencing, masalah prostat, tumor atau masalah lainnya.

Antibiotik rifampin (obat TBC), Pyridium, dan obat pencahar yang mengandung senna bisa mengubah urine berwarna merah muda sampai merah. Selain itu, keracunan timah atau merkuri juga dapat membuat urin berwarna merah.


9. Berwarna jingga atau oranye.

Ini bisa berarti kamu sangat-sangat dehidrasi atau kamu mengalami gangguan organ hati ataupun empedu. Ya, segera hubungi dokter.

Tak jarang juga Urine berwarna Oranye disebabkan oleh obat-obatan seperti rifampisin, Pyridium, obat pencahar, sulfasalazine (anti-inflamasi), dan beberapa obat kemoterapi


10. Berwarna biru atau hijau.

Percaya atau enggak, beberapa kelainan genetik langka bisa membuatmu menghasilkan urin yang berwarna unik. Hal ini bisa juga disebabkan oleh pewarna makanan, beberapa obat, seperti indometasin, amitriptyline, dan propofol. Dalam kasus yang jarang ditemui, urin hijau dapat disebabkan oleh infeksi di saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri pseudomonas. Penyakit hiperkalsemia (memiliki terlalu banyak kalsium dalam darah) juga dapat menyebabkan urin berwarna biru.


11. Bergelembung atau berbusa sekali.

Memang berbusa itu bukan soal warna, tapi ini bisa terjadi saat-saat tertentu. Jika terjadi jarang sekali, kemungkinan itu efek pemrosesan urin dalam tubuhmu yang gak perlu dikhawatirkan. Namun kalau urin berbusa terus-terusan, itu bisa menjadi pertanda adanya masalah ginjal atau berlebihnya protein dalam pola makanmu.

Nah, sudah tau kan? Jadi kalau Atmaguys melihat perubahan warna pada urine atau air seni sedangkan kalian tidak sedang dehidrasi, makan makanan tertentu, ataupun minum obat-obatan, maka segeralah periksakan ke dokter, karena beberapa penyebab warna urin yang abnormal dapat berupa penyakit yang sangat serius yang perlu segera diobati.

Well, jangan lupa juga untuk rajin minum air mineral ya Atmaguys, apalagi saat ini sebagian dari kita sedang berpuasa, jangan sampai tubuhmu lemas karna dehidrasi ya!

Sumber :
https://science.idntimes.com/experiment/bayu/arti-warna-pipis/full

https://mediskus.com/penyakit/macam-macam-warna-urine-dan-maknanya

https://magwuzz.com/2015/02/9-warna-air-kencing-dan-artinya-terhadap-kondisi-kesehatan.html

Komentar