Warga Tanah Baru Dulang Rupiah dengan Memilah Sampah

66138 medium p2ww1
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR UTARA, AYOBOGOR.COM -- Warga RW 7 di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, kini memiliki bank sampah yang diberi nama 'Kamsaw Cempaka'. Bank sampah yang dibentuk pekan lalu ini bagian dari program terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

Selain mampu membantu memilah dan mengurangi sampah, kehadiran bank sampah hasil kerjasama Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor dan Bank Sampah Berbasis Aparatur (Basiba) ini juga mampu memberikan nilai ekonomis bagi warga.

"Nasabah Bank Sampah Kamsaw Cempaka adalah 100 Kepala Keluarga binaan program terpadu P2WKSS. Mereka hari ini melakukan penimbangan sampah perdana," ungkap Lurah Tanah Baru Dede Suganda, Senin (8/7/2019).

Dede menambahkan, sampah yang dibawa dan ditimbang para nasabah adalah sampah anorganik yang masih memiliki nilai ekonomi. Seperti misalnya kertas, kardus, duplex, plastik, juga logam.

"Warga atau nasabah membawa sampah dari rumah kemudian dibawa ke bank sampah. Petugas Bank Sampah mengklasifikasi jenis sampah kemudian ditimbang dan dicatat dalam buku tabungan. Artinya, sampah tersebut tidak dibayar tunai tetapi masuk dalam buku tabungan," jelasnya.

Dede menambahkan, sampah yang dibeli dari warga tersebut dikumpulkan dan dikelola oleh Basiba. Ia juga mengaku kerap membeli langsung sampah botol kemasan air mineral dari warga agar bisa diinovasikan dan bermanfaat bagi warganya lagi.

"Mudah-mudahan DLH dan Basiba terus mensupport nasabah Bank Sampah agar berkelanjutan. Sehingga hal ini menjadi virus untuk ditularkan kepada warga yang lainnya," ujarnya.

Sudah dilihat 24 kali

Komentar