Warga Sukmajaya Sulap Limbah Kertas Menjadi Bunga

26 February 2019, 11:28 WIB
1 0 174
Gambar untuk Warga Sukmajaya Sulap Limbah Kertas Menjadi Bunga
Limbah kertas bekas fotokopi yang biasanya dibuang begitu saja, di tangan pelaku usaha mikro asal Kecamatan Sukmajaya, Justika Febrianti, justru naik kelas menjadi produk kerajinan (craft) berharga ratusan ribu rupiah. Lewat kreativitasnya, kertas yang sudah tidak terpakai tadi, berubah menjadi bunga beraneka motif dan warna yang memiliki nilai jual tinggi.

Justika Febrianti mengatakan, kerajinan tersebut bernama paper quiling bercorak bunga. Diakuinya, di UMKM Kota Depok, paper quiling masih jarang, dengan demikian dirinya merasa optimistis peluang bisnisnya masih begitu besar.

“Inspirasinya dari menonton Youtube, melihat bazar UMKM di kota lain. Saya memulai membuat produk ini sekitar empat bulan lalu. Jadi untuk tahap awal, saya memang ingin memperkenalkannya terlebih dahulu,” kata Tika, sapaannya, di Halaman KPP Pratama Cimanggis, Senin (25/02/2019).

Dikatakannya, paper quiling bunga dibuat dari bahan dan cara yang sederhana. Kertas tinggal dipotong dengan ukuran satu centimeter (cm), lalu digulung dan ditempelkan menggunakan lem kertas khusus, sesuai dengan kerangka bunga yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Diakuinya, modal satu produk paper quiling tidak sampai Rp 30 ribu. Modal itu digunakannya untuk membeli kertas lainnya, seperti bentuk kertas kokoro agar hasilnya lebih bervariasi.

“Untuk metode penjualan, saya lebih memanfaatkan bazar. Satu produk dijual mulai dari Rp 75 ribu, tergantung tingkat kerumitannya. Selain ini, ada juga yang menggunakan bingkai ukiran modalnya sekitar Rp 200 ribu, lalu saya jual minimal Rp 300 ribu,” katanya.

Keunikan kerajinan paper quiling, kata Tika, bisa diaplikasikan ke berbagai media, seperti vas atau tempat tisu. Namun, lem yang dipakai harus lem khusus untuk kayu, sehingga daya rekatnya lebih kuat dan tahan lama.

“Kalau inspirasinya lagi bagus, sehari bisa sampai tiga buah (kerajinan). Omzet penjualan belum terlalu terlihat, apalagi khusus untuk produk olahan kertas limbah ini, karena saya juga mengerjakan kerajinan bunga berbahan akrilik,” ucapnya.

sumber: diskominfoDepok
foto: diskominfoDepok

  Komentar untuk Warga Sukmajaya Sulap Limbah Kertas Menjadi Bunga

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!