Warga Sambut Baik Rencana Pemkot Kembangkan Kawasan Kota Tua Depok

33728 medium 24092018
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah menata Jalan Pemuda, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas menjadi kawasan wisata sejarah. Langkah tersebut disambut baik oleh masyarakat karena sebagai upaya pelestarian budaya di Kota Depok.

Seperti yang dikatakan Ketua RT O4 Kelurahan Depok, Bonte, pihaknya mendukung rencana Pemkot Depok. Sebab, lanjutnya, peninggalan sejarah yang ada di sekitar Jalan Pemuda, Kecamatan Pancoran Mas harus dilestarikan dengan baik.

“Ada bangunan-bangunan yang memang harus segera dipugar atau dirawat, karena memang sudah sangat tua seperti gedung SDN Pancoran Mas 2 dan rumah bergaya arsitektur Belanda,” ujarnya kepada depok.go.id, Senin (24/09).

Dikatakannya, jika pemerintah menata dengan baik kawasan Jalan Pemuda, Kecamatan Pancoran Mas, tentu rumah-rumah peninggalan sejarah tersebut bisa dilestarikan. Begitu juga dengan kawasan Jalan Pemuda yang semakin diperhatikan kebersihan dan keindahannya.

“Sebagai warga, kami hanya ingin agar wisata sejarah tersebut nantinya tetap mempertahankan budaya lokalnya. Dengan mengikutsertakan warga dalam pengelolaan, karena warga memang berdomisili di Jalan Pemuda,” jelasnya.

Dirinya yang sudah 70 tahun tinggal di Jalan Pemuda itu menambahkan, penetapan Jalan Pemuda menjadi cagar budaya menjadi salah satu sejarah terbentuknya Depok. Untuk itu, pihaknya berharap akan ada cagar budaya lain yang bisa menambah pengetahuan sejarah Depok yang dapat diperkenalkan kepada masyarakat.

“Jadi bukan hanya masa penjajahan Belanda saja. Ada lagi peninggalan budaya yang menjadi sejarah Depok. Kita harus tahu Depok itu kaya akan sejarah dari berbagai etnis dan agama,” tandasnya.

sumber : Diskominfo Depok
foto : Diskominfo Depok
Sudah dilihat 22 kali

Komentar