Warga melaporkan masalah sampah di Palu Selatan, Palu Kota

Warga AtmaGo  di  Palu Selatan, Palu Kota
15 October 2018, 15:06
3 0 157
Gambar untuk Warga melaporkan masalah sampah di Palu Selatan, Palu Kota
Ini adalah laporan dari warga di wilayah kejadian. Harap berhati-hati dan selalu waspada. Jika butuh bantuan, hubungi  112
  • Jenis masalah: Tidak ada layanan pengambilan sampah
Umumnya lokasi pengungsian korban bencana di suatu daerah, pemandangan tumpukan "sampah" pakaian layak pakai pun kini terlihat di beberapa lokasi pengungsi korban bencana di Kota Palu dan Sigi. Di satu lokasi mungkin tidak terlihat sebagai sampah karena masih diberi atap terpal agar terhindar dari terkena air hujan dan pakaian layak masih bisa dimanfaatkan. Namun, dari segi pemandangan, agaknya lebih terlihat seperti sampah yang menumpuk karena tidak diseleksi dengan lebih baik.

Mengapa hal ini terjadi ?

1. Warga yang ingin turut membantu tersedianya pakaian layak pakai yang dapat dimanfaatkan oleh warga korban bencana belum memaketkan bantuan pakaian tersebut dengan baik, seperti misalnya memilah dan mensortir pakaian sesuai kegunaannya. Pakaian dewasa perempuan, pakaian dewasa laki-laki, pakaian anak, pakaian bayi, selimut, jaket dsb.
2. Jumlah bantuan pakaian layak melebihi kebutuhan pakaian yang benar-benar dibutuhkan oleh warga korban bencana, sehingga pada akhirnya menumpuk terbengkalai dan jadilah tampak seperti tumpukan 'sampah'
3. Klasifikasi prioritas kebutuhan dalam hal bantuan pakaian layak pakai seperti Jaket dan Selimut menempati prioritas teratas dari kebutuhan pengungsi. Karena mengungsi di tenda dengan keterbatasan pelindung tubuh dari bahaya kedinginan, terutama apabila musim hujan tiba, daerah sarang nyamuk, dsb. Prioritas teratas lainnya yang disesuaikan dengan umur karena kebutuhan khusus yakni pakaian dan selimut bayi, selimut bagi lansia, dsb. Kebutuhan penting lainnya adalah kelambu, mengingat tenda pengungsian rata-rata berada di area terbuka dan pasti rawan nyamuk, terlebih lagi apabila daerah bencana merupakan endemi malaria dan DBD.

Nah, termasuk yang manakah kita dalam membantu warga terkena bencana alam di suatu daerah?

  Komentar untuk Warga melaporkan masalah sampah di Palu Selatan, Palu Kota

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!