Walikota Asia Pasifik-Prancis-BSM Turki Bantu Huntap di Palu

20 June 2019, 18:26 WIB
4 0 64
Gambar untuk Walikota Asia Pasifik-Prancis-BSM Turki Bantu Huntap di Palu
PALU - Walikota se-Asia Pasifik dan Asosiasi Walikota Prancis membantu pembangunan hunian tetap bagi korban bencana di Kota Palu.

Presiden Walikota Asia Pasifik Rismaharini yang juga Walikota Surabaya mengatakan hal itu saat bertemu dengan Walikota Palu Hidayat, Rabu, 19 Juni 2019.

Dalam pertemuan itu, Rismaharini menyatakan akan membawa persoalan-persoalan yang sedang dihdapi oleh pemerintah Kota Palu ke forum-forum internasional.

"Juli mendatang saya diundang ke Markas PBB. Mungkin disitu juga saya akan bertemu dengan Sekjen PBB dan akan menyampaikan permasalahan-permasalahan yang masih dihadapi pemerintah Kota Palu dalam menangani pemulihan korban bencana," kata Rismaharini.

Rismaharini berharap nantinya Pemerintah Kota se-Asia Pasifik bisa memberikan dukungan dan bantuan.

Selain itu, Rismaharini juga berjanji akan membawa ke forum walikota di Durban, Afrika Selatan dan akan menyampaikan masalah yang sedang dihadapi pemerintah dan masyarakat kota Palu.

Begitupula dengan delegasi pemerintahan kota Prancis juga memberikan dukungan bagi pemerintah kota Palu untuk membantu masyarakat yang menjadi korban bencana.

Sementara itu Walikota Palu Hidayat mengatakan saat ini masih ada sekitar 30 persen dari 40 ribu jiwa lebih yang kehilangan tempat tinggal akibat gempabumi, tsunami dan likuifaksi, 28 September 2018 lalu.

"Masih ada sekitar 30 persen yang belum menempati hunian sementara dan masih bertahan di tenda-tenda dengan kondisi tenda sudah sobek," ujar Hidayat.

Hidayat berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak dalam membantu mempercepat pembangunan hunian tetap bagi korban bencana di Kota Palu.

"Sejauh ini kami sudah menyiapkan lahan bahkan sampai master plan dan site plan lokasi yang ditunjuk untuk dibangun hunian tetap yaitu di Kelurahan Duyu dan Tondo-Talise,:" kata Hidayat.

BSM TURKI SIAP BANTU PEMKOT

Dukungan serupa juga datang dari Bulan Sabit Merah Turki. Melalui Ketua Delegasi Bulan Sabit Merah Turki Abdullah Dogukan Donmez menemui Walikota Palu Hidayat dan berdiskusi seputar kebutuhan pemerintah dan masyarakat Kota Palu dalam penanganan pasca bencana.

Abdullah meminta kepada Walikota Palu Hidayat untuk menyusun proposal dan diajukan kepada pimpinan Bulan Sabit Merah Turki.

"Kami tertarik membantu masyarakat seperti nelayan pesisir Teluk Palu serta lainnya," kata Abdullah.

Pada kesempatan itu Hidayat menyampaikan soal masih adanya sekitar 700-an nelayan yang belum bisa melaut karena tidak memiliki perahu dan alat tangkap.

"Kami berharap para nelayan itu bisa dibantu berupa mesin tempel dan alat tangkap. Untuk perahu kami sudah mengupayakan," ujar Hidayat.

sumber : Kabar Sulteng Bangkit

  Komentar untuk Walikota Asia Pasifik-Prancis-BSM Turki Bantu Huntap di Palu

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!