Wakil Bupati Kulon Progo Ingatkan Warga Samigaluh Lestarikan Lingkungan

2 March 2019, 09:28 WIB
1 0 85
Gambar untuk Wakil Bupati Kulon Progo Ingatkan Warga Samigaluh Lestarikan Lingkungan
Safari Jumat merupakan kegiatan Rutin Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo dalam upaya bersilaturohmi, meningkatakan keimanan dan ketaqwaan umat, media jaring aspirasi dan informasi kebijakan daerah. Pada hari Jumat 1 Maret 2019 diadakan di Dusun Mendolo, Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh, menjadi kegiatan rutin mingguan sarana tasaruf dana Baznas (Badan Amin Zakat) Kabupaten Kulon Progo dari penyisihan zakat yang pegawai dilingkungan pemerintah daerah kabupaten Kulon Progo.
Gerakan ini telah berlangsung sejak tahun 2012, pada mulanya mampu terkumpul 300 juta dalam 1 tahun dengan distribusi 2 kali tiap tahunnya.
Kini mulai diintesifkan dengan menguatkan kelembagaan dan pendekatan agar menjadi kensadaran bersama menzakatkan 2,5 persen dari gaji pegawai. Saat ini setiap bulannya mencapai sekitar 400 juta perbulan atau hampir 5 milyar tiap tahunnya. Bayak tempat ibadah yang berada di Kabupaten Kulon Progo kini mampu terbiayai oleh umat Islam secara mandiri. Demikian juga untuk peningkatan ekonomi untuk umat. Pada kesempatan ini Bantuan stimulan modal sebesar Rp. 500.000 untuk pengusaha kecil untuk 3 orang. Masjid 2,5 juta dari Baznas ditambah 7,5 juta oleh Pemda.
Wakil Bupati Drs. H. Sutejo menyampaikan perlunya konsistensi dalam usaha, perlu fokus dan dengan sungguh sungguh. Sehingga tidak selalu memulai usaha dari nol, apabila berganti ganti usaha akan selalu dimulai dari nol. Disamping itu juga perlu meningkatkan omset. Cukup keuntungan tetap tapi apabila diperbayak bisa menghasilkan keuntungan yang besar.
Motivasi ini disampaikan dalam bahasa jawa penuh canda dihadapan Forkompinda, Aggota DPRD, Forkompincam, Kepala Desa tokoh dan warga masyarakat Dusun Mendolo.
Bupati mengharapkan kondisi masyarakat yang ayem tentren untuk dipertahankan terutama dalam menghadapi tahun politik
Beliau juga ungkapan Samigaluh merupakan kawasan konvservasi air untuk itu kelestarian alam untuk senantiasa dijaga. Para pendahulu mengajarkan apabila motong pohon akan tetapi mempunnyai kewajiban menanam. Selain sumber air dengan wilayah pegunungan akan mengurangi dampak longsor.

#samigaluhkotamenoreh

  Komentar untuk Wakil Bupati Kulon Progo Ingatkan Warga Samigaluh Lestarikan Lingkungan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!