Unik, di Tolitoli Sulteng Pohon Rindang Dijadikan Pusat Bahan Baca

17 November 2019, 15:06 WIB
2 1 30
Gambar untuk Unik, di Tolitoli Sulteng Pohon Rindang Dijadikan Pusat Bahan Baca
Alvin Anwar seorang guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tolitoli Utara, Sulawesi Tengah, memanfaatkan pohon rindang di area sekolah sebagai media pemikat minat baca siswa, kegiatan yang bertajuk tersebut diberi nama pohon baca.

Kegiatan literasi ini didorong atas keresahan melihat rendahnya minat baca siswa dikarenakan ketiadaan sumber bahan bacaan, serta diperparah oleh tidak adanya akses internet yang membuat minimnya pengetahuan dan pemahaman siswa.

Hal inilah yang kemudian mendorongnya untuk membuat sebuah terobosan gerakan literasi dengan program SEDASI (Sekolah Sadar Literasi), yang menggunakan pohon baca sebagai media penarik minat baca siswa.

"Dorongan inilah yang membuat saya melakukan kreatifitas untuk meningkatkan minat baca anak didik saya," kata Alfin Anwar saat ditemui PaluPoso, Jumat (15/11).
Pohon baca ini menurut Alfin, berisikan buku-buku bacaan anak yang dikemas dengan tampilan dekorasi edukatif yang menarik. Perpaduan antara kesejukan pohon dan warna-warni inilah yang kemudian menarik banyak siswa untuk betah berlama-lama membaca di area pohon baca tersebut.

Ia mengaku sangat senang dan lebih termotivasi untuk melakukan kreatifitas lebih banyak lagi lewat buku bacaan. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara rutin di SMPN 2 Tolitoli Utara, bersamaan dengan kegiatan SEDASI lainnya seperti Literading (Literasi Dinding), dan SIDASI (Siswa Sadar Literasi) sebagai upaya peningkatan kesadaran literasi di SMP Negeri 2 Tolitoli Utara.

  1 Komentar untuk Unik, di Tolitoli Sulteng Pohon Rindang Dijadikan Pusat Bahan Baca

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar