Tutorial Cara Membuat Joran Pancing dari Bambu

61748 medium cara membuat joran bambu
Share Info ~ Joran adalah salah satu alata pancing yang sangat penting, tentu para pecinta mancing udah tau apa itu joran atau "jeujeur" dalam bahasa sunda. Joran sendiri memang sangat banyak jenisnya ada yang dari bahan carbon, fiber, bambu dll. Jika para pancinger membeli joran pancing tentu harganya akan cukup mahal ketimbang jika membuatnya sendiri lebih hemat dan sesuai keinginan.

Nah pada edisi kali ini kami akan berbagi informasi mengenai bagaimana Tutorial Cara Membuat Joran Pancing dari Bambu yang bisa para pancinger buat sendiri. Bambu yang terlebih dahulu dibelah menjadi dua bagian lalu menyatukannya hingga dibuat layaknya sebuah blank atau batang joran, yang pada bagian ujung semakin mengecil.

Bagaimana cara membuat joran pancing dengan menggunakan bahan dasar dari bambu? Agar tidak penasaran yuk langsung kita simak ulasan tutorialnya berikut dibawah ini.

Tutorial Cara Membuat Joran Pancing dari Bambu

Langkah pertama pilih batang bambu yang sudah terlihat tua dan lurus.
Lalu bersihkan bambu (bagian kulit luar bambu jangan dibuang atau jangan dihilangkan)
Dan potong panjang bambu sesuai dengan keinginan.
Setelah itu, bambu dibagi menjadi dua bagian lalu rekatkan sisi kulit luar bambu menjadi satu.
Bentuk bambu layaknya blank atau batang joran, atau para para pancingers dapat membentuk sesuai selera.
Untuk lebih sempurna dalam merekatkan kedua bambu, sebaiknya menggunakan lem kayu.
Pemilihan kulit luar bambu untuk dijadikan sisi dalam ketika proses perekatan antara bambu A dan bambu B dimaksudkan agar blank pada bambu memiliki daya lentur yang bagus.
Bottom rod juga dibuat dari bambu utuh yang ukurannya menyesuaikan dengan blank Jadi blank joran bambu dibuat one piece dengan menggunakan shock besi yang menghubungkan blank dengan bottom rod.
Setelah batang bambu sempurna lalu pasangkan mamarit, agar kelihatan antik gunakan kawat stainless untuk dijadikan mamarit.
Perhatikan daya beban pada blank bambu ketika menentukan titik mamarit.
Setelah para pancinger menandakan titik untuk mamarit, tinggal melakukan wrapping pada mamarit.
Penggunaan reel seat yaitu memodifikasi antara kran dispenser dengan balutan bambu.
Dan joran kreasi sendiri yang terbuat dari bambu sudah jadi.

Nah itulah beberapa Tutorial Cara Membuat Joran Pancing dari Bambu yang dapat anda coba membuat joran ini. Selain menghemat budget dalam membuat joran sendiri juga bisa di kreasikan sendiri sesuai keinginan. Sekian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk anda para pecinta mancing dan Salam Strike .. MANTAP !

SUMBER : www.essenjitu.com
Sudah dilihat 47 kali

Komentar