Tunggu Ketersediaan dan Kesepakatan, Akan Ada CCTV Yang Menilang Pelanggar Lalulintas

67770 medium post 72066 813988d9 7c3d 4ba1 a16e 160266d79424 2019 07 25t06 01 13.170 07 00
Usulkan ketersediaan insfrastruktur pada Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), kota Bekasi bakal menerapkan tilang elektronik gunakan CCTV. Adalah Dinas Perhubungan Kota Bekasi yang merencanakan menerapkan tilang elektronik di beberapa ruas jalan protokol di Kota Bekasi.
“Sedang kita usulkan, karena menerapkan sistem tersebut butuh infrastruktur penunjang,” ungkap Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Johan Budi Gunawan, Rabu, 24 Juli 2019.
Tilang elektronik menurut Johan merupakan salah satu program sembilan pilar Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ). Sehingga, di bawah Kementerian PerhubungN (Kemenhub) pihaknya merasa perlu mengkoordinasikan rencana penilangan elektronik pada BPTJ.
“Kan nanti penerapannya tergantung pemerintah pusat juga,” kata dia.
Selanjutnya pihaknya juga masih perlu berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Hal ini dilakukan lantaran Kemenhub dalam hal ini BPTJ hanya membantu penyiapan infrastrukturnya, sedangkan yang melakukan penindakan pihak kepolisian.
“Kan penindakan di bawah pihak Polri,” tambah Johan.
Nantinua Jalan Ahmad Yani jadi percontohan penerapan tilang elektronik. Lantaran pusat Kota Bekasi, plus kawasan jalan ini telah ditetapkan kawasan tertib lalu lintas oleh kepolisian setempat.
“Potensi banyak, bisa di semua jalan protokol. Tetapi, untuk sementara di pusat kota dulu,” kata Johan.
Sementara itu Kapolres Metro Kota Bekasi Kombes Indarto mendukung penuh hal tersebut.
“Kami mendukung seribu persen wacana tersebut, karena volume kendaraan saat ini sudah cukup tinggi,” kata Indarto.
selengkapnya: medcom.com
Sudah dilihat 68 kali

Komentar