Tips Mengatasi Mata Lelah

27455 medium tips sehat

Mata lelah dideskripsikan sebagai gangguan mata yang disebabkan oleh penggunaan mata dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat. Kelelahan pada mata umumnya terjadi akibat penggunaan mata secara intens, seperti terlalu lama membaca, menyetir kendaraan dengan jarak tempuh yang jauh, melihat secara terus-menerus dalam ruangan minim cahaya hingga menatap layar alat-alat elektronik. Gejala yang seringkali dirasakan ialah mata terasa nyeri, pedih atau gatal, mata terasa berair atau kering, pandangan kabur atau berbayang, dan mata lebih sensitif terhadap cahaya.
Untuk menanggulangi kondisi, berikut ragam cara mengatasi mata lelah yang bisa kamu terapkan,
• Pilih pencahayaan ruangan yang sesuai. Hindari cahaya yang terlalu terang, baik dari lampu atau sinar matahari, karena dapat menyilaukan mata dan membuatmu sulit menatap ke layar, yang dapat memicu mata lelah.
• Mengatur pencahayaan layar komputer atau gadget dan kontras sesuai kebutuhan atau gunakan filter pada layar agar tidak terlalu menyilaukan mata.
• Perhatikan posisi perangkat digital (layar laptop atau gadget/smartphone). Jarak layar dengan mata yang direkomendasikan adalah 50cm sampai 60cm atau sekitar sepanjang lenganmu. Sedangkan saran tinggi layar adalah sejajar mata atau sedikit lebih rendah.
• Istirahat secara berkala selama 20 detik. Pada aturan ini, kamu perlu mengalihkan pandangan dari layar setiap 20 menit. Kemudian, fokuskan pandangan pada benda atau sesuatu lain yang berjarak kurang lebih 6m (20 kaki) selama 20 detik.
• Cek kondisi udara tempatmu beraktivitas
• Mengompres mata dengan kain yang sudah dibasahi air hangat, atau menggunakan tetes mata untuk menyegarkan mata saat mulai merasa mata kering
• Jangan lupa untuk mengedipkan mata
Penjelasan di atas berasal dari dr Debora. Semoga bermanfaat. Ayo share beragam tips sehat lainnya di AtmaGo, warga bantu warga. (yesdoc)

Komentar