Tips Bersih Memilih Calon Kepala Daerah

27159 medium pilkada banten

Pilkada 2018 akan dihelat besok, Rabu, 27 Juni 2018. Salah satunya di wilayah Provinsi Banten, yaitu empat kabupaten dan kota. Tahapan itu adalah yang sangat menentukan untuk mendapat pemimpin daerah yang sesuai dengan harapan masyarakat di Banten.
Koordinator Banten Bersih, Gufroni menyatakan perlu ada jurus jitu untuk memilih Calon Walikota/Bupati yang benar-benar serius untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Berikut beberapa tips (jurus jitu):
1. Pelajari visi dan misi serta program dari para calon untuk mengetahui seberapa realistis untuk bisa diwujudkan atau angan-angan belaka. Karena visi, misi dan program biasanya bagus dan hebat, tapi yang lebih penting apakah hal tersebut realistis untuk diwujudkan atau tidak.
2. Telusuri rekam jejak calon. Hal ini bisa mudah dilakukan dengan mengetik nama calon melalui ponsel pintar. Dengan meluangkan waktu 5-10 menit untuk mengetahui profil para calon. Di dunia internet akan sangat mudah mengetahui profilnya, apakah punya masalah dalam karir atau di rumah tangganya, termasuk apakah pernah terlibat masalah hukum ataukah tidak.
3. Pastikan bahwa para calon tidak memiliki konflik kepentingan.Misalnya, para calon itu tidak terlibat dalam proyek-proyek yang bersumber dari APBD atau memiliki hubungan dengan pihak pengusaha yang bermasalah atau ada hubungan dengan politik dinasti.
4. Pastikan hak pilih Anda adalah murni karena hasil keputusan pribadi bukan dipengaruhi pihak luar misal karena di intimidasi, karena bujuk rayu atau janji-janji atau karena politik uang.

Sebagai warga yang punya hak pilih, kata Gufroni, wajib untuk menolak praktik politik uang baik berupa materi maupun janji dari para calon, tim kampanye, tim sukses, simpatisan atau siapapun yang akan mencoba mempengaruhi pilihan.
“Bila menemukan dugaan kecurangan atau pelanggaran Pilkada maka harus segera dilaporkan ke pengawas pemilu terdekat untuk segera dilakukan penindakan terhadap pelaku pelanggaran tersebut.
Semoga bermanfaat. Siapkan diri untuk berpartisipasi dalam menentukan calon kepala daerah di TPS masing-masing. Ayo share beragam info di sekitarmu di AtmaGo, warga bantu warga.
(bantennews)

Sudah dilihat 46 kali

Komentar