Tingkatkan Kapasitas Dilapangan, Pendamping PKH Sukabumi Mengikuti Diklat FDS

24233 medium img 20180419 wa0014
Sejumlah Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Sukabumi mengikuti kegiatan pendidikan dan Pelatihan (Diklat) e-learning Family Development Session (FDS) PKH Angkatan I Tahun 2018

Menariknya, Diklat yang dikembangkan oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) ini menggunakan sistem online during untuk menjangkau para pesertanya.

Salahsatu peserta Pendamping PKH asal Kabupaten Sukabumi, Galih Indragiri mengatakan, dirinya merasa senang bisa terpanggil menjadi peserta angkatan pertama mengikuti kegiatan Diklat ini, terlebih dengan model baru yang dikembangkan kementrian sosial dan BBPKS melalui pembelajaran sistem online (e-Learning)

"Model pelatihan elearning ini, Merupakan media komunikasi yang efektif, cepat dan kredibel untuk menyampaikan materi elearning dari seorang pakarnya, kitapun mendalami materi dan bisa Lebih mudah diserap dengan fasilitas multimedia berupa gambar, teks, animasi, suara, video," ungkap Galih.

Selain itu, menurutnya, malului model e-learning in Jauh lebih efektif dan efisien dan bisa dimana saja pleksibel.

Dalam pelaksanaannya, Family Development Sesion (FDS) atau Peningkatan Kemampuan Keluarga mulai diuji coba tahun 2015. Tahun 2016 juga dilaksanakan di Kabupaten/ Kota kepesertaan 2007. Banyak hal yang menarik saat pelaksanaan FDS PKH ini, karena para Pendamping dituntut untuk dapat mengemas sedemikian rupa agar pelaksanaan FDS berhasil, antara lain dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pertemuan kelompok kedepannya setelah diklat e-learning ini.

"Dengan FDS ini, pertemuan kelompok jadi lebih bernilai dimana peserta diberi bekal oleh pendamping PKH terkait masalah Kesehatan, Pendidikan,Ekonomi keluarga dan perlindungan anak," pungkas Galih.

Sudah dilihat 226 kali

Komentar