Syarat Meraih Ilmu

30187 medium screenshot 3
Sejak kita terlahir ke alam dunia ini, kita tak mempunyai bekal apapun selain isakan tangis semata. Seiring dengan berputarnya waktu dari proses apa yang kita dengar dan lihat di sekitar lingkungan tempat tinggal mengalami berbagai macam kejadian dan fenomena. Dari hal tersebut kita mencoba memikirkan dan mencari tahu penyebab atau kenapa hal itu bisa terjadi inilah pengertian sederhana ilmu.

Kewajiban untuk mencari ilmu telah jelas sebagaimana hadits Nabi SAW. bahwasannya mencari ilmu itu wajib bagi semua orang dari mulai ia dilahirkan hingga masuk ke liang lahat. Itu artinya selama manusia masih diberi kekuatan untuk bernafas selama itu pula kewajiban kita dalam menuntu ilmu tak pernah lepas mengikat.

Semakin kita berilmu maka semakin merasakan pula bahwa masih banyak ilmu yang belum dipelajari, hal ini menegaskan sangat disayangkan bagi seorang manusia yang sudah diberi akal namun tidak memanfaatkannya untuk mencari ilmu. Jika yang terjadi seperti itu lalu apa bedanya dengan binatang.

Tentunya ilmu yang kita cari adalah ilmu yang bermanfaat, ilmu yang dengan ilmu itu kita menjadi dekat dengan Allah SWT (tunduk pada aturan) dan semakin merasakan kehinaan dalam diri seorang hamba, bukan malah menjadikan diri sombong dan berbuat semena-mena.

Dalam menggapai ilmu yang bermanfaat sebagaimana syair di atas ada tuntutan yang harus dipenuhi (syarat) jika ingin meraih ilmu yang didambakan, syaratnya ada 6 yaitu:
1. Cerdas
2. Semangat
3. Sabar
4. Biaya
5. Petunjuk dari guru
6. Waktu yang lama

Kajian kitab Alala
Santri.online
Sudah dilihat 29 kali

Komentar