STOP PENULARAN CORONA MELALUI SOCIAL DISTANCING

16 March 2020, 10:45 WIB
1 0 231
Gambar untuk STOP PENULARAN CORONA MELALUI SOCIAL DISTANCING
Dengan merebaknya virus corona yang berawal dari kota Wuhan China yang sudah memakan ribuan korban, semua negara sibuk mencari cara atau metode bagaimana langkah antisipasi, pencegahan, penanganan bahkan bagaimana penyembuhan bagi rakyatnya yang terlanjur terjangkit virus mematikan tersebut.

Bak ungkapan yang mengatakan "lebih baik mencegah dari pada mengobati" untuk itu setiap negara bekerja keras bergandeng tangan dari pemerintah pusat sampai daerah khususnya pemerintah Indonesia untuk mencari cara pencegahan menularnya sang virus yang sangat menakutkan tersebut. Dari berbagai upaya penelitian pencegahan meluasnya virus corona, maka ditemukanlah salah satu cara yang dianggap efektif yaitu melalui "Social Distancing"

Lalu apa itu Social Distancing?. Dikutip dari The Atlantic, istilah ini merujuk pada tujuan untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dengan orang lain dalam jarak dekat. Social distancing juga bertujuan untuk mengurangi penularan virus dari orang ke orang.

Sementara istilah social distancing menurut Center for Disease Control (CDC) adalah menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak dengan manusia, dan menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang. Selain istilah social distancing, dalam bahasa Indonesia juga ada istilah isolasi dan karantina. Kedua istilah ini termasuk populer pasca merebaknya virus Corona di berbagai negara.

Menurut Ivan Lanin, pemerhati Bahasa Indonesia, isolasi maupun karantina bertujuan untuk mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan orang. Hanya saja antara isolasi dan karantina ada perbedaan mendasar, jika yang dimaksud adalah mencegah perpindahan penyakit dari orang sakit, maka dilakukan isolasi. Sementara jika mencegah perpindahan penyakit ke orang yang sehat, maka istilah yang digunakan adalah karantina. Intinya isolasi dilakukan pada orang sakit, sementara karantina ditujukan kepada orang yang sehat. (harapanrakyat.com)

  Komentar untuk STOP PENULARAN CORONA MELALUI SOCIAL DISTANCING

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  2. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  3. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    CORONA TIDAK MENJADI PENGHALANG RUTINITAS

    WAHYU NAN HANDA  di  Praya, Lombok Tengah  |  20 May 2020