Stop Buang Air Besar Sembarangan: Camat Jatinegara

33919 medium sej
Dalam upaya memberikan edukasi kepada warga dalam hal menjaga kesehatan, pihak kecamatan Jatinegara mengajak warga untuk stop buang air besar sembarangan.

Edukasi tersebut tertuang dalam Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan pemberdayaan masyarakat metode pemicuan. Nantinya Tim Verifikasi Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) melakukan kunjungan untuk melakukan pendataan sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat pentingnya agar tidak membuang air besar sembarangan.

Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar mengatakan bahwa nantinya ada sebanyak 30 anggota tim verifikasi terdiri dari Sudin Kesehatan Jakarta Timur dan Puskesmas Kecamatan Jatinegara STBM hadir dalam kegiatan tersebut.

Dikatakan Nasrudin, untuk mencapai Kecamatan Jatinegara yang bebas ODF (Open Defecition Free) yaitu kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, perlunya komitmen semua elemen masyarakat. Dirinya tak menampik jika di wilayahnya masih terdapat jamban yang terhubung dengan kali, sehingga dirinya ingin masyarakat sadar, bahwa tindakan tersebut justru akan memancing penyebaran virus.

Dirinya juga menghimbau kepada kaum ibu rumah tangga, agar tidak membuang pampers bekas pake ditempat sampah, ia menilai tindakan tersebut akan memancing menyebaran virus, tentunya hal itu tidak efektif bagi kesehatan warga sekitar.
"Kalo seperti itu bersihkan terlebih dahulu dijamban baru dibuang, ini penting agar tinja /fases tidak menyebarkan virus," katanya.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di wilayah Jatinegara tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan lagi.
Sudah dilihat 18 kali

Komentar