SOSIALISASI SAAT MINGGON KECAMATAN TAMBUN UTARA, INI MANFAAT BPJS KETENAGAKERJAAN

37701 medium 20181031 213959
Penggiat Jaminan Sosial Nasional (Perisai) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Bekasi mendampingi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi melakukan sosialisasi manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan saat rapat minggon (mingguan-red) di aula Kantor Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (31/10).

Hadir Kepala Bidang Pemasaran Penerima Upah (PU) BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi Budi Wahyudi, Camat Tambun Utara Dodo H Rosika, unsur Muspika Tambun Utara, para kepala desa dan perangkat desa se Kecamatan Tambun Utara, staf Kecamatan dan staf desa serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Dalam sosialisasi itu, Budi Wahyudi mengatakan, masyarakat Kabupaten Bekasi seyogianya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu lantaran sangat bermanfaat bagi masyarakat, staf kecamatan yang masih berstatus tenaga harian lepas (THL), kepala desa dan perangkat desa.

Menurut Budi, ada tiga program BPJS Ketenagakerjaan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

JKK lanjut Budi, merupakan jaminan yang memberikan kompensasi dan rehabilitasi bagi pekerja yang mengalami kecelakaan dalam hubungan kerja termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Sedangkan JKm menurut Budi, diperuntukan bagi ahli waris tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja. JKm diperlukan untuk membantu meringankan beban keluarga dalam bentuk biaya pemakaman dan uang santunan.

Mengenai Jaminan Hari Tua (JHT) sambung dia, merupakan program penghimpunan dana yang ditujukan sebagai simpanan yang dapat dipergunakan oleh peserta, terutama bila penghasilan yang bersangkutan terhenti karena berbagai sebab, seperti cacat total tetap, telah mencapai 56 tahun, meninggal dunia atau berhenti bekerja (PHK, mengundurkan diri, atau meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya).

Sementara itu, Camat Tambun Utara, Dodo H Rosika mengatakan, pihaknya mengapresiasi kehadiran Perisai IWO Kabupaten Bekasi yang mendampingi BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi untuk melakukan sosialisasi soal manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi THL Kecamatan, perangkat desa dan masyarakat Tambun Utara.

“Kami apresiasi sosialisasi tersebut karena akan menjadi manfaat bagi masyarakat dan perangkat desa. Kami akan follow up nantinya, agar para kepala desa mendaftarkan perangkat desanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” pungkasnya.
Sudah dilihat 15 kali

Komentar