Sosialisasi Gerakan ABSAR

21 January 2020, 00:33 WIB
2 0 333
Gambar untuk Sosialisasi Gerakan ABSAR
Praya - Banyak program brilian pemerintah Kabupaten Lombok Tengah yang telah dilaunching, salah satunya adalah Rahman-Rahim Day. Bahkan program ini telah diadopsi oleh pemerintah pusat sebagai Hari Besar Nasional. Ini sebagai bukti bahwa program-program yang dibuat pemerintah Lombok Tengah sangat brilian seperti penulis sampaikan di atas. Dan hari ini Pemerintah Kab. Lombok Tengah sedang mensosialisasi Gerakan Aman, Bersih, Sehat dan Religius (ABRAR) melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah H. Sumum S.Pd., SH., M.Pd sebagai ketua panitia Sosialisasi Gerakan ABSAR menyampaikan tujuannya antara lain pertama untuk mengadapi event internasional motor GP 2021 yang tentunya banyak para wisatawan yang skan berkunjung ke Lombok Tengah, yang ke dua untuk menindak lanjuti komitmen dan dorongan Bapak Bupati bersama Bapak Sekda terhadap bagaimana menciptakan Lombok Tengah yang Aman, Bersih, Sehat dan Religius.

Menyikapi hal ini Bapak Kadis pendidikan menyadari bahwa sesungguhnya kaum - kaum intelektual berada di lingkup Dinas Pendidikan dan tersebar di seluruh pelosok yang ada di kabupaten Lombok Tengah. Beliau juga menambahkan bahwa kaum intelektual yang ada di lingkup dinas pendidikan ini harus berperan aktif dalam rangka mendukung seluruh kebijakan pemerintah. Namun untuk mendukung kebijakan tersebut khususnya dalam mensukseskan Gerakan ABSAR dibutuhkan pemahaman yang sama dan strategi yang tepat. Oleh karena itu dinas pendidikan mengundang seluruh stake holder Pendidikan khususnya Dewan Pendidikan, Kemenag, dan UPT Dinas Pendidikan Dan Kebudayasn Provinsi NTB dengan harapan semua yang hadir akan mendapat pencerahan dari Bapak Wakil Bupati dan Bapak Sekda tentang apa yang harus dilakukan dalam rangka mensukseskan program pemerintah.

Beliau yakin sesungguhnya yang hadir adalah orang-orang yang terpilih yang tentunya akan berbuat untuk mensukseskan progaram pemerintah tersebut. Terkait hal itu beliau menyampaikan jargon Bapak Bupati dan Wakil Bupati bahwa kita harus berlari dan melompat dan beliau meyakinkan para hadirin bahwa kita bisa berlari dan melompat untuk meraih apa yang kita kejar.

Sejanjutnya Bapak Kepala Dinas Pendidikan memohon arahan dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini kepada Bapak Wakil Bupati dan juga kepada Bapak Sekda untuk menyampaikan secara teknis apa-apa yang harus dilakukan untuk melaksanakan kebijakan pemerintah. Kemudian beliau menjelaskan apa yang selalu disampaikan bapak wakil Bupati bahwa generasi kita harus menjadi generasi religius yaitu generasi yang mendapat ridho dari Allah kemudian menghormati orang tuanya, menghormati gurunya dan hal tersebut bapak ibu telah melaksanskannya seperti membaca Al-Quran setiap pagi, mengajak anak-anak untuk berdoa sebelum dan sesudah belajar, solat berjamaah dan hal lain yang berkaitan dengan kegiatan yang bersifat religius.

Pada acara arahan dan pembukaan gerakan ABSAR secara resmi oleh Bapak Wakil Bupati Kabupaten Lombok Tengah, beliau menyampaikan berbagai hal terkait dengan kemajuan Kabupaten Lombok Tengah dan segala konsekwensinya terutama pada upaya peningkatan kspasitas dan kompetesi SDM dan ini tugas bapak/ibu guru. Beliau juga menyampaikan bahwa kemajuan tersebut bukan hanya karena ihtiar Bupati dan Wakil Bupati namun ikhtiar seluruh masyarakat Lombok Tengah.

Beliau mengajak kepada seluruh ASN untuk mengawal PAD daerah yang kini mencapai 2,2 triliun. Untuk akses menuju sirkuit motor GP, sudah dilakukan pembebasan tanah. Tanah yang telah dibebaskan diperuntukkan buat pembuatan jalan by pass dengan lebar 50 meter. Beliau mengatakan "Biasanya dana pembebasan ditanggung oleh pemerintah daerah, namun untuk Lombok Tengah dananya ditanggung oleh pemerintah pusat, ini semua berkat rizki anak yatim piatu yang kita selalu berikan santunan". Pernyataan Bapak wakil bupati disambut aplus oleh semua yang hadir. Selesai arahan selanjunya bapak wakil bupati membuka acara sosialisasi gerakan ABSAR secara resmi. Kemudian beliau langsung pamit untuk menghadiri kegiatan lain di Kecamatan Janapria.

Pada bagian penjelasan teknis, Bapak Sekda menggaris bawahi pernyataan bapak Kadis pendidikan bahwa jargon "Berlari dan Melompat harus ada strategi yang tepat diantaranya dengan memastikan kecukupan SDM, kapasitas dan kesejahteraan ASN, Sarpras, terutama menyangkut kapasitas ASN, sebab kalau tidak, maka jargon Berlari dan Melompat, hanya tinggal menjadi jargon tampa nyawa. Kapasitas ASN memang sudah dimiliki, namun butuh kapasitas lebih terutama pada kopetensi sosial kultural. ASN tidak cukup dengan gelar panjang yang dimiliki

Ada beberapa faktor yang menghambat program diantaranya Banyak perusahan bercokol di Loteng namun pendidikan masih kurang, dukungan wali murid terhadap pendidikan masih rendah. Baik dukungan matriil maupun proses pendidikan. Oleh karena itu strategi pembinaan ASN dan stake holder akan efektif apabila dibekali dengan soft dan hard skill. Kemudian skill formal harus didukung oleh aspek spiritualitas (rasa/feel). Kalau strategi-strategi tersebut diatas dilakukan dengan serius maka seluruh kebijakan dan program pemerintah khususnya program gerakan Aman, Bersih, Sehat dan Religius akan terlaksana dengan baik dan lancar. (Zul)

  Komentar untuk Sosialisasi Gerakan ABSAR

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. BAHU MEMBAHU, PUSKESMAS BONJERUK DAN PEMDES LAWAN COVID-19

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  1 Apr 2020
  2. KARANG TARUNA BUNI BAKTI MENGGANDENG FORUM REMAJA UNTUK PENCEGAHAN COVID-19

    Ariefbocahwates  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  28 Mar 2020
  3. Suara Siswa SMA, UN di tiadakan (?) #WargaLawanCorona

    Ranty Meyliana  di  Tolitoli  |  30 Mar 2020
  4. Cara Dapatkan Token Listrik Gratis Untuk Pelanggan Prabayar PLN 450 VA dan 900 VA

    Gibran Waluyo  di  Bandung Kabupaten  |  2 Apr 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Penyerahan Masker Dan Hand Sanitizer Di Daerah Bogor Dan Puskesmas Tanah Sareal

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Tanah Sareal, Bogor Kota  |  1 Apr 2020
  2. 4
    Komentar

    Suara Siswa SMA, UN di tiadakan (?) #WargaLawanCorona

    Ranty Meyliana  di  Tolitoli  |  30 Mar 2020
  3. 4
    Komentar

    Belanja Dari Rumah, Ini Nomor Kontak Berbagai Pedagang Pasar Di DKI Jakarta

    Alfan Kasdar Kasdar  di  Jakarta Pusat  |  30 Mar 2020
  4. 4
    Komentar