Seks Saat Hamil, Why Not? Happy Mommy, Happy Baby

warga di sekitar Anda di Gubeng, Surabaya
56289 medium post 62323 14d62c0b 874a 4728 9b19 8bd399e3c29f 2019 03 30t10 03 55.914 07 00
Berhubungan seks saat hamil merupakan salah satu pertanyaan umum yang banyak ditanyakan ibu hamil ketika berkonsultasi kehamilan. Sering kali seorang perempuan yang sedang mengandung mengalami gairah seksual yang memuncak, dan tak jarang wanita hamil begitu menggairahkan di mata lelaki. Apakah aman melakukan seks saat hamil muda? Jawabannya, aman.

Sebagian orang juga percaya bahwa berhubungan seks ketika hamil dapat membantu kelancaran proses persalinan. Saat berhubungan seks, prostaglandin yang dikeluarkan sperma dapat mengakibatkan kontraksi guna membantu penekanan sehingga kepala bayi dapat masuk ke bawah bagian panggul. Secara tidak langsung ini dapat membantu juga. 

Selama tidak ada masalah selama hamil, maka hubungan seksual aman dilakukan. Masalah yang mungkin terjadi selama kehamilan yang menyebabkan hubungan seksual sebaiknya dihindari misalnya adanya perdarahan, infeksi seperti keputihan, atau kondisi kesehatan ibu selama hamil yang kurang baik misalnya penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. Baiknya Atmaguys simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.



A. Siapa yang tidak dianjurkan berhubungan seks saat hamil muda?

Menurut penelitian di Johns Hopkins Medicine Center, seks selama kehamilan awal dinyatakan aman dan tidak akan menyakiti bayi, dan jika memang Atmaguys memiliki catatan kehamilan yang tidak bermasalah. Janin Atmaguys pada dasarnya dilindungi oleh cairan ketuban yang terdapat pada rahim dan otot-otot rahim yang kuat. Maka itu, aktivitas seksual tidak akan mempengaruhi perkembangan bayi.

Namun, dokter kandungan kepercayaan Atmaguys mungkin saja menyarankan Atmaguys untuk tidak berhubungan seks saat hamil muda jika memiliki kondisi ibu hamil seperti berikut:

- Pernah keguguran

- Mengalami perdarahan vagina atau bercak darah sering selama kehamilan

- Sering sakit perut atau kram selama diketahui masa kehamilan

- Rahim ibu hamil cenderung lemah

- Hamil kembar atau lebih dari dua bayi dalam kandungan

- Janin memiliki plasenta yang rendah (plasenta previa)

Atmaguys juga mungkin disarankan untuk menghindari seks selama kehamilan (hamil muda ataupun hamil tua) jika pasangan memiliki penyakit kelamin seperti herpes genital, gonorea, atau bahkan HIV AIDS. Jika pasangan memiliki herpes genital, berhubungan seks selama kehamilan dapat berisiko kecil yang bisa mempengaruhi perkembangan janin.

Disarankan pasangan Atmaguys mungkin harus menggunakan kondom jika menderita penyakit menular seksual, demi mencegah risiko infeksi yang bisa menular ke ibu maupun janin.

B. Apa benar seks saat hamil muda tidak membahayakan janin?

Seperti yang telah disinggung di atas, pada dasarnya berhubungan seks saat hamil aman dan boleh dilakukan serta tidak membahayakan janin Atmaguys. Pasalnya selama berhubungan seksual, janin berada di dalam cairan ketuban, lalu lubang serviks wanita tertutup dan memiliki steker lendir, yang membuatnya tak bisa dilewati sperma atau hal lainnya. Lagipula, penis pasangan juga tidak akan cukup menembus ke dalam sampai terkena pada rahim dan mengenai bayi.

Setelah itu, meskipun orgasme dapat memicu kontraksi rahim, ini tidak menyebabkan kerusakan apapun dan berbeda dari kontraksi selama persalinan.

Kenyamanan wanita di tiap trimester memang berbeda-beda, karena beban yang ia bawa semakin berat. Untuk mengetahui apa saja posisi seks saat hamil yang boleh dan tidak boleh dilakukan, mari kita lihat selengkapnya di bawah ini.

1. Posisi seks saat hamil selama trimester pertama

Selama trimester pertama, kelelahan dan mual di pagi hari mungkin dapat membuat Anda merasa kurang menarik. Tetapi, jika Anda sedang dalam mood, melakukan seks di trimester pertama memiliki kelebihan. Kebanyakan wanita terlumasi dengan baik secara alami, belum memiliki perut yang besar, dan sangat bergairah berkat lonjakan hormon kehamilan yang dapat membuat bagian kewanitaan membesar dan ekstra sensitif.

- Posisi seks yang perlu dicoba

Anda dapat melakukan posisi seks apapun selama trimester pertama. Anda boleh melakukannya dalam posisi berdiri, telentang  merangkak, dan telungkup. Anda juga boleh mencoba mainan seks, atau menjelakahi seluruh Kama Sutra. Jika Anda lelah, posisi misionaris dan posisi tidur menyamping adalah posisi seks yang paling nyaman.

- Posisi seks yang harus dihindari

Kabar baiknya ialah tidak ada posisi yang tidak boleh dilakukan dalam trimester pertama ini. Dan jika Anda khawatir akan mengalami keguguran akibat melakukan seks selama kehamilan, maka Anda harus percaya bahwa dokter mengatakan tidak masalah. Menurut dr. Streicher, peristiwa keguguran atau kehilangan janin di awal kehamilan tidak ada hubungannya dengan melakukan aktivitas seksual. Jadi, berbicaralah pada dokter Anda jika Anda khawatir. Selain itu, Anda harus memberi tahu dokter jika memiliki kondisi atau penyakit tertentu, agar seks dapat dilakukan dengan aman.

2. Posisi seks saat hamil selama trimester kedua

Anda kini menempuh trimester kedua dan mungkin telah melewati tahap morning sickness, dan kelelahan, serta lebih berenergi. Selain itu, peningkatan hormon selama kehamilan juga akan membuat Anda lebih seksi.

- Posisi seks yang perlu dicoba

Inilah saatnya Anda melakukan pose yang menyenangkan, yang mungkin akan lebih menantang pada trimester ketiga karena perut mulai membesar.

Posisi duduk sambil bertatapan. Ini dilakukan dengan pria berada pada posisi duduk di kursi. Pasangan wanita duduk di pangkuan pria dengan menatap mata masing-masing.

Posisi merangkak (doggy style). Posisi ini memfasilitasi penetrasi yang dalam, yang mungkin tidak akan nyaman jika dilakukan di trimester ketiga.

Posisi tidur menyamping. Berbaringlah menghadap ke sisi Anda dengan pasangan pria secara saling berhadapan. Nikmatilah pose saling bertatapan ini selama Anda masih bisa melakukannya.

- Posisi seks yang harus dihindari

Setelah Anda memasuki 20 minggu kehamilan, maka hindarilah posisi yang membuat Anda berbaring telentang, seperti posisi misionaris. Ketika Anda berbaring telentang, rahim yang membesar akan menekan aorta, yang berfungsi mengalirkan darah ke plasenta. Kemudian, cobalah untuk mengganjal pinggul sebelah kiri dengan bantal.

3. Posisi seks saat hamil selama trimester ketiga

Seks memang menyenangkan ketika Anda hanya menerimanya. Namun perut yang besar akan membuat Anda menjadi pengontrol dalam kegiatan seks.

- Posisi seks yang perlu dicoba

Pada akhirnya, posisi ideal untuk Anda adalah posisi yang tidak menekan perut dan ini memungkinkan Anda mengontrol kedalaman penetrasi. Beberapa posisi seks yang mungkin nyaman untuk Anda adalah:

Berbaring menyamping. Posisi ini tidak melibatkan berat pada perut, dan penetrasi juga dangkal.

Woman on top (wanita di atas). Posisi ini membuat Anda memegang kendali.

Rear entry (wanita membelakangi pasangan).

Duduk di tepi tempat tidur atau kursi. Anda dapat melakukan ini dengan saling berhadapan, Anda boleh berlutut atau berdiri jika perlu.

- Posisi seks yang harus dihindari

Meskipun tidak ada posisi yang dinyatakan tidak aman secara teknis, namun beberapa wanita tidak menyukai perasaan penetrasi yang sangat dalam. Selain itu, seks anal juga tidak diperbolehkan karena adanya risiko infeksi dan penyebaran bakteri ke vagina. Banyak wanita hamil yang menderita wasir karena hal ini. Untuk seks oral, ini boleh dilakukan, namun pasangan pria tidak boleh meniup atau memaksa udara masuk ke vagina, karena dapat menyebabkan embolisme berbahaya (ketika ledakan udara menutup pembuluh darah).


D. Apa iya, seks saat hamil itu bermanfaat?

Mungkin saat hamil hormon Atmaguys yang bergejolak, mual di pagi hari, dan lingkar pinggang yang terus melebar, seks mungkin menjadi hal terakhir dalam pikiran ketika Atmaguys hamil.

Meskipun begitu, berhubungan seks ternyata dapat memberikan keajaiban untuk kesehatan, kehamilan dan hubungan Anda.


1. Melatih otot untuk persalinan

Mencapai orgasme meningkatkan kontraksi di dasar panggul, ini membantu memperkuat otot yang Atmaguys perlukan untuk persalinan dan setelah melahirkan. Begitu Atmaguys mendorong bayi melalui otot-otot itu, mereka akan lebih mudah memperkuatnya.

2. Mengatasi beser

Atmaguys sering kencing atau beser kah? Sering ke kamar mandi, bahkan ngompol ketika bersin atau tertawa dapat terjadi ketika hamil. Karena bayi semakin besar dan menekan kandung kemih Atmaguys, itu bahkan bisa lebih tidak nyaman. Kabar baiknya adalah otot sama yang Atmaguys perkuat saat hubungan seksual, untuk persalinan juga dapat membantu aliran urine.

3. Mencegah komplikasi

Menurut sebuah penelitian di Denmark, sering melakukan seks saat hamil dapat membantu mencegah preeklamsia. Para peneliti percaya itu karena protein yang ditemukan dalam sperma dapat mengatur sistem kekebalan tubuh. Namun karena penyebab preeklampsia tidak diketahui, penting untuk menjaga kunjungan pranatal dan berbicara dengan dokter tentang risiko yang mungkin Atmaguys alami.

4. Menurunkan tekanan darah

Meskipun tekanan darah Atmaguys mungkin lebih rendah setelah berhubungan seks, itu hanya sementara sehingga obatnya tidak berhubungan seks sepanjang waktu. Karena tekanan darah tinggi dapat menjadi serius bagi Atmaguys dan bayi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang cara mencegah atau mengontrol tekanan darah.

5. Orgasme lebih baik

Karena ujung saraf tubuh Atmaguys lebih sensitif, puting dan klitoris akan membesar, dan ada lebih banyak estrogen yang menarik aliran darah ke pelvis, biasanya lebih mudah untuk mencapai orgasme dan mereka juga lebih lama dan lebih kuat. Wanita yang mengalami kesulitan mengalami orgasme sebelum kehamilan mungkin sekarang merasa tidak lagi melakukannya.

6. Meningkatan harga diri

Dengan semua perubahan yang terjadi selama kehamilan, dapat dirasakan bahwa tubuh Atmaguys bukan lagi milik kalian. Namun melakukan hubungan seks dapat membantu memulihkan kepercayaan diri dan perasaan positif tentang diri.

Bagi banyak wanita, ini adalah waktu dalam kehidupan di mana seks adalah bagian yang sangat penting dari siapa mereka, hubungan mereka dan bagaimana perasaan mereka.

7. Mengurangi stres

Meskipun kehamilan membahagiakan, biasanya Atmaguys perlu khawatir tentang hal-hal seperti pekerjaan, keuangan, dan bagaimana kehidupan akan berubah setelah bayi lahir. Oksitosin, hormon cinta yang dilepaskan tubuh saat mengalami orgasme, dapat membantu menghilangkan beberapa stres itu dan juga membantu tidur lebih nyenyak.

8. Meningkatkan koneksi

Sering melakukan seks saat hamil akan membantu memperkuat hubungan intim dan ikatan yang Atmaguys miliki dengan pasangan dan membentuk kebiasaan yang sehat untuk masa depan.

9. Persiapan untuk persalinan

Jika menjalani jangka waktu penuh atau melewati batas waktu, berhubungan seks tidak akan membuat Atmaguys melahirkan, tetapi hal itu dapat membantu tubuh mempersiapkan diri karena air mani mengandung prostaglandin yang dapat membantu mematangkan serviks.

C. Seberapa Sering Boleh Berhubungan Intim Saat Hamil?

Hubungan seks saat hamil yang terlalu sering (lebih dari tiga kali dalam seminggu) bisa memicu terjadinya infeksi saluran kencing (ISK). Bila tidak segera diobati, ISK dapat menyebabkan masalah dalam kehamilan. Itulah mengapa ibu hamil dianjurkan untuk membersihkan Miss V sebelum dan setelah berhubungan intim, serta mengosongkan kandung kemih setelah berhubungan intim untuk mencegah infeksi. Selama hubungan seksual tidak mengganggu bagi janin dan nyaman bagi ibu, tidak apa apa melakukan hubungan seksual.

Penting bagi pasangan untuk memperhatikan perubahan fisik dan spot yang disenangi istri saat hamil. Payudara memang salah satu titik sensitif wanita, tapi bisa saja bagian tersebut menjadi titik yang tidak disenangi karena rasa nyeri yang datang ketika disentuh. Ada baiknya pasangan saling mengkomunikasikan bagian yang ingin disentuh dan tidak disentuh selama berhubungan intim.


Sumber :

https://doktersehat.com/bahaya-dan-manfaat-seks-ketika-hamil/

https://m.fimela.com/parenting/read/3813922/berhubungan-intim-saat-hamil-muda-boleh-nggak-sih

https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/seks-saat-hamil-muda/

https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/posisi-seks-saat-hamil/

https://www.halodoc.com/bolehkah-ibu-hamil-muda-melakukan-hubungan-intim-setiap-hari-

https://www.halodoc.com/seberapa-sering-ibu-hamil-boleh-berhubungan-intim-

Sudah dilihat 41 kali

Komentar