Sekaten 2019 Tanpa Pasar Malam, Hadirkan Karya-karya Peninggalan HB I

3 1 197
Gambar untuk Sekaten 2019 Tanpa Pasar Malam, Hadirkan Karya-karya Peninggalan HB I
Yogyapos.com (YOGYA)- Berdasar kalender Jawa pada tanggal 6-12 Mulud, Keraton Yogyakarta akan menggelar hajad dalem sekaten yang dibuka dengan prosesi Miyos Gangsa. Lalu ditutup dengan Kondur Gangsa. Untuk tahun ini, perayaan sekaten tanpa disertai pasar malam. Miyos Gangsa diadakan tanggal 3 November. Sementara Kondur Gangsa dan Gerebeg Mulud digelar 9 dan 10 November.

Berbeda dari biasanya, pada tahun ini Keraton akan menghelat Pameran Sekaten pada 1-9 November. Bertempat di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran dan Kagungan Dalem Sitihinggil. Tema besar yang diusung pada acara ini adalah tentang Sri Sultan Hamengku Buwono I (HB I). Baik peninggalan, biografi, ataupun karyanya.



Dalam temu media di Bale Raos, Kamis (3/10) sore, Wakil Ketua Pameran Sekaten GKR Bendara mengatakan, ini kali pertama mengambil tema spesifik tentang karya dan peninggalan-peninggalan bersejarah HB I. Ini menjadi pameran monumental, lantaran pertama kalinya menghadirkan karya dan peninggalan bersejarah dari HB I yang merupakan pendiri Keraton Yogyakarta.

“Ada manuskrip yang berusia ratusan tahun. Ada juga Kanjeng Kyai Tandu Lawak. Sebuah tandu yang sering dipakai HB I. Dan jika memungkinkan, kami juga akan memamerkan kereta pusaka yang digunakan HB I, yakni Kanjeng Nyai Jimat. Usianya ratusan tahun. Sangat jarang keluar dari komplek museum kereta,” papar putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Kepala Seksi Pertunjukan Pameran Sekaten, KPH Notonegoro menambahkan, pihaknya juga akan menampilkan karya peninggalan HB I di bidang seni. Seperti Beksan Lawaung, Wayang Wong Gendowerdoyo, Wayang Purwo, Gendhing Manggala dan Tedhak Saking.



“Sejumlah agenda pendukung juga telah kami siapkan. Seprti sesi kurasi pameran, lomba karawitan tingkat SD dan SMP se-DIY, lomba seni bagi sanggar dan komunitas. Serta diskusi film budaya yang mendokumentasikan koleksi Keraton Yogyakarta,” imbuh suami dari GKR Hayu ini.

Ketika disinggung soal pelaksanaan Pameran Sekaten apakah akan berbenturan dengan Pasar Malam Perayaan Sekaten, KPH Notonegoro langsung menukas. “Lantaran sejumlah faktor, untuk tahun ini tidak ada pelaksanaan pasar malam. Saya kurang paham detailnya, karena itu domainnya Pemkot. Mungkin tahun depan bisa digelar kembali,” terang KPH Notonegoro. (Dol)

Sumber : Yogyapos.com

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Imam ghozali

Sangat disayangkan kalau pasar malamnya ditiadakan, masyarakat termasuk saya menunggu momen tersebut sebagai wisata kuliner dan berhibur bersama keluarga

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pray For Indonesia Januari 2021

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Klaten Utara, Klaten  |  17 Jan 2021
  2. Pray For Indonesia From Tangerang

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cisauk, Tangerang Kabupaten  |  19 Jan 2021
  3. Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Pembukaan Beasiswa Banyuwangi Cerdas 2021

    Wisnu Artedjo  di  Banyuwangi  |  21 Jan 2021
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar

    Terpilihnya Dhiyaur Ridho, Begini Harapan dan pendapat teman-teman IKAMALA Sidoarjo

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  21 Jan 2021
  4. 2
    Komentar

    FGD Prioritasi Advokasi Dana Kelurahan Kota Surakarta

    Tina Dewi S  di  Surakarta Kota  |  15 Jan 2021