Segudang Kebaikan Yogurt untuk Berbagai Jenis Kulit

54497 medium 19032019
Kandungan nutrisi dalam semangkuk yoghurt membuatnya tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan, tapi juga kulit. Bahkan, tak sedikit yang ingin memperoleh manfaat yoghurt untuk kulit dengan menjadikannya produk perawatan alami berbentuk masker atau scrub. Pernahkah Anda mencoba menggunakan yoghurt untuk kulit Anda? Jika belum, berikut adalah beragam manfaat yoghurt untuk kulit yang tak boleh Anda lewatkan.

Kandungan nutrisi dan manfaat yoghurt untuk kulit
Yoghurt mengandung begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain energi, protein, dan karbohidrat, produk yang dihasilkan dari fermentasi susu ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral.

Seperti bahan bakunya, yoghurt kaya akan kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, serta vitamin B kompleks. Jenis vitamin yang tidak terdapat secara alami pada yoghurt adalah vitamin D, tapi hal ini telah disiasati melalui fortifikasi terhadap berbagai merk yoghurt.

Di antara berbagai kandungan dalam yoghurt, terdapat empat jenis nutrisi yang amat penting bagi kesehatan kulit, yakni:

Zinc, mineral yang bersifat antiinflamasi, mampu merangsang pertumbuhan sel dan jaringan kulit, serta mengatur produksi minyak.
Vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas, serta memelihara kesehatan sel-sel kulit.
Kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan lapisan epidermis kulit dan mencegah dehidrasi.
Asam laktat yang bersifat seperti pelembap dan eksfoliator (pengelupas) alami sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam.
Tips memperoleh manfaat yoghurt untuk kulit
Meski identik dengan fungsinya untuk melancarkan pencernaan, yoghurt juga dipercaya dapat memelihara kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Berikut adalah berbagai manfaat yoghurt untuk kulit dan cara menggunakannya.

1. Melembapkan kulit
Dari seratus gram yoghurt tawar, 88 gram di antaranya adalah air. Tingginya kadar air dalam yoghurt dapat membantu Anda melembapkan kembali kulit yang kusam dan kering. Hasilnya adalah kulit wajah yang kenyal, elastis, dan lebih cerah.

Siapkan 4 sendok makan yoghurt tawar, 1 sendok makan bubuk cokelat, dan 1 sendok makan madu. Masukkan semua bahan dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan pada seluruh wajah dan leher Anda dan diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih, lalu keringkan wajah Anda dengan handuk.

2. Mengatasi jerawat
Manfaat yoghurt untuk kulit juga dapat diaplikasikan pada masalah selain kulit kusam. Kandungan zinc dan senyawa asam pada yoghurt, salah satunya, dapat membantu Anda mengatasi masalah jerawat yang membandel.

Caranya cukup dengan menempelkan kapas ke yoghurt tawar, lalu oleskan pada area yang berjerawat. Biarkan selama semalam, lalu bilas dengan air dingin esok harinya. Untuk mencegah penyebaran jerawat, gunakan kapas hanya pada satu area saja.

3. Mencegah munculnya garis-garis halus dan keriput
Tahukah Anda bahwa asam laktat pada yoghurt juga bermanfaat untuk mengatasi garis-garis halus pada wajah? Dengan menggunakan scrub berbahan dasar yoghurt, Anda dapat menyingkirkan lapisan sel kulit mati dan cikal-bakal keriput yang membuat wajah Anda tampak menua lebih dini.

Anda hanya membutuhkan 2 sendok makan yoghurt tawar dan 1 sendok makan oat. Campurkan keduanya hingga rata, lalu oleskan ke seluruh wajah dan leher Anda. Pijat lembut selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4. Meredakan iritasi akibat infeksi atau terbakar matahari
Masker wajah dari yoghurt dapat memberikan efek menyejukkan pada wajah yang mengalami iritasi. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah:

40 gram yoghurt tawar
40 gram mentimun, kupas dan cincang kasar
1 sdm gel lidah buaya
1 sdm madu
Beberapa tetes minyak chamomile
Campurkan semua bahan hingga teksturnya membentuk pasta. Oleskan masker pada kulit Anda, lalu biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air dingin dan keringkan.

Memperoleh manfaat yoghurt untuk kulit tidaklah sulit, asalkan Anda tekun dalam menggunakannya. Guna mengoptimalkan manfaat yoghurt untuk kesehatan, Anda juga dapat mengonsumsi yoghurt secara rutin setiap hari selama tubuh Anda tidak menunjukkan gejala alergi atau intoleransi terhadap laktosa.

sumber: hellosehat
foto: hellosehat
Sudah dilihat 46 kali

Komentar