Sebenarnya Kapan Sih Masa Subur Pria? Dan Apa Saja Tanda Kesuburannya?

36343 medium post 44543 124f224f aae8 46c3 91c0 46d2ae432046 2018 10 19t12 08 45.684 07 00
Assalamualaikum Atmaguys, selamat hari Jumat. Gak terasa besok sudah weekend ya. Hmm, Atmaguys masih ingat artikel yg kemarin saya bagikan, bukan? Nah kalau kemarin saya berbagi informasi yang feminim, sekarang gantian nih saya sharing informasi untuk para laki laki hehe. Disimak ya!
Berbeda dengan masa subur wanita, masa subur pria dapat diukur melalui kuantitas dan kualitas sperma, serta beberapa faktor lain seperti usia, gaya hidup, makanan dan kesehatan raga juga memengaruhi kesuburan. Selain itu warna sperma juga menunjukkan seberapa sehat dan subur seorang pria, loh! Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini!
Di kalangan awam, kebanyakan orang hanya menganggap masalah kesuburan adalah urusan perempuan. Padahal, pria juga memiliki masa-masa subur yang akan menentukan sukses atau tidaknya proses kehamilan. Hanya saja, masa subur pria berbeda dengan masa subur wanita yang sudah lebih umum dikenal.
Masa subur pria memang dapat diukur melalui spermanya. Berikut ini adalah beberapa indikasi yang bisa menentukan seberapa subur seorang pria.
1. Kuantitas sperma
Idealnya, sekali ejakulasi, seorang pria dapat mengeluarkan hingga 15 juta sel sperma per mililiter. Jika lebih sedikit dari jumlah tersebut, maka kemungkinan bisa terjadi pembuahan sel telur juga akan menurun.
2. Pergerakan sperma
Pergerakan sperma atau motilitas yang baik harus memiliki gerakan yang gesit untuk mencapai dan membuahi sel telur. Agar kemungkinan pembuahan bisa terjadi, setidaknya 40 persen sperma harus memiliki kemampuan bergerak yang baik.
3. Struktur sperma
Normalnya, bentuk sperma terdiri atas kepala yang berbentuk oval dan berekor panjang. Bentuk tersebut mendukung pergerakan sperma menuju sel telur. Pria yang subur memiliki lebih dari 50 persen sperma berbentuk normal.
4. Hormon
Kesuburan pria erat hubungannya dengan hormon testosteron. Rendahnya hormon seks utama pada pria ini dapat menjadi salah satu penyebab masalah kesuburan pada pria.
Jika ditanya warna sperma, sebagian besar orang mungkin akan menjawab putih atau kekuningan. Ternyata, warna sperma bisa bervariasi tergantung dari kondisi kesehatan seseorang, lho!
1. Sperma berwarna putih-keabuan-kekuningan
Warna air mani ini disebut sebagai mani yang sehat demikian dilansir dari healthylife.com. Untuk mendapatkan sperma sehat jelas enggak mudah. Atmaguys butuh asupan gizi yang baik untuk tubuh sekaligus menjaga makanan dan tetap berolahraga secara teratur.
2. Sperma berwarna merah-coklat
Jika air mani memiliki warna ini, sungguh bahaya. Kemungkinan ada pembuluh darah pecah di prostat, infeksi, hingga kanker. Hii, mengerikan.
3. Sperma kuning hijau keemasan
Jika berwarna ini mengindikasikan adanya infeksi, termasuk infeksi prostat. Bisa juga kemungkinan terkena penyakit menular seksual yang membuat kamu serasa kencing nanah.
4. Sperma kuning
Air mani berwarna ini menunjukkan sperma bercampur urin. Atau bisa jadi kamu tengah mengkonsumsi antibiotik. Selama tidak berubah warna, masih baik-baik saja kok.
5. Putih pekat
Perubahan warna sperma yang terjadi secara alami pada pria dewasa adalah putih pekat. Kejadian ini merupakan akibat dari seorang pria yang lama tidak ejakulasi, sehingga cairan sperma menumpuk dan menjadi lebih kental.
Nah, sudah tahu kan? Jadi kalau Atmaguys mau cepet punya momongan, coba deh faktor faktor diatas tadi di perhatikan. Atau kalau mau lebih pasti, coba datang dan konsultasikan ke dokter kepercayaan kalian ya! Happy Friday Atmaguys! #SexEducation #SeksBukanHalTabu #KesehatanItuPenting
Sumber :
https://doktersehat.com/warna-sperma/
rel="nofollow">https://m.bintang.com/sex-health/read/2493437/ketahui-arti-dari-4-jenis-warna-pada-sperma</a>#
https://m.klikdokter.com/info-sehat/read/2830644/arti-di-balik-warna-sperma-anda
https://m.klikdokter.com/info-sehat/read/2830644/arti-di-balik-warna-sperma-anda
Sudah dilihat 51 kali

Komentar