Sandang Peringkat 11 Wilayah Rawan Bencana, PMI Banyuwangi Susun Rapat Kerja Kemitraan

18 February 2020, 23:16 WIB
4 2 469
Gambar untuk Sandang Peringkat 11 Wilayah Rawan Bencana, PMI Banyuwangi Susun Rapat Kerja Kemitraan
Banyuwangi, Hotel Aston Gandrung Room , Selasa 18 Januari 2020, PMI Banyuwangi menyusun Rapat Kerja Kemitraan dalam Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi Indonesia. Peserta Rapat kerja terdiri dari unsur PMI kabupaten Banyuwangi, pusat dan provinsi, BPBD, BMKG, Telkom, ASDP, Gapensi, Semen Bosowa, Dinas Sosial, BSI, staf PU CKPR, Banyuwangi TV dan Hotel Aston.

Kegiatan dibuka oleh Drs Dwiyanto beliau staf Ahli Bupati Banyuwangi yang juga selaku Sekretaris PMI Kabupaten Banyuwangi. Menurut beliau "Pengambil kebijakan yaitu stakeholder menyadari pentingnya membangun kemitraan untuk mengurangi resiko apabila terjadi bencana khusunya gempa. Lalu Skenario apa yang akan dilakukan jika terjadi bencana supaya bisa ditangani secara cepat. Akan adanya rencana pembangunan konstruksi rumah aman gempa di 2 kelurahan yaitu Taman Baru dan Mojopanggung, kerjasama PMI Banyuwangi dengan Palang Merah Amerika yang didanai oleh USAID. Harapan beliau program ini ke depannya bisa menjadi Destinasi Wisata Edukasi Rumah Aman Gempa, sehingga menjadi pusat study pelajar dan mahasiswa."

Paparan pengurus PMI Banyuwangi H. Hariadji Sugito SKM MM, menyampaikan PMI mengkaji tindak lanjut dengan berbagai dinamika terutama pada program Kesiapsiagaan Gempa bumi dan segala bentuk kegiatan yang sudah dilakukan. Beliau menjelaskan Tujuan jangka panjang PMI secara fisik yaitu mengurangi banyaknya kerugian yang ditimbulkan, dan secara sosial, PMI meningkatkan kapasitas dan penguatan pengetahuan terhadap gempa bumi," Strategi PMI yaitu dengan pemberdayaan 24 kelompok Sibat di kelurahan/desa se Kabupaten Banyuwangi. Strategi Advokasi perlu adanya regulasi dan kebijakan. Strategi partisipatif masyarakat terkait kemandirian sikap, pengetahuan dan kapasitas. Dan strategi dukungan media untuk sosialisasi dan edukasi."

Bergeser pada wakil BPBD Eka Muharam memaparkan " Wilayah Banyuwangi dalam IRBI di rilis oleh ahli, menyandang peringkat 11 wilayah rawan bencana dengan tingkat resiko tinggi. Penanggulangan bencana masih dinilai rendah sehingga Kebijakan pendanaan pemerintah perlu diperbaiki." Ancaman gempa bumi di Banyuwangi cukup tinggi karena memiliki 2 gunung berapi berpotensi gempa vulkanik, memiliki lempeng dilalui patahan Ceicar Wongsorejo berpotensi gempa tektonik, memiliki 175km pesisir pantai berpotensi tsunami, baru baru ini dirilis berpotensi liquivaksi." Berdasarkan kerawanan ini menurut beliau Rencana Kontingensi gempa akan mengikat semua pihak sehingga bisa di oprasikan optimal saat terjadi bencana."

Dhian wakil BSI perusahaan tambang Emas Banyuwangi, menyampaikan pesan managemennya akan selalu support PMI. Dana CSR dan dana PPM serta ERT (Emergency Respons Team) bentuk dukungan nyata BSI untuk kegiatan sosial PMI Banyuwangi seperti pada kegiatan donor darah rutin dan donasi oprasi katarak. Harapan beliau " Perusahaan lain turut mendukung Program Kesiapsiagaan gempa bumi PMI, dan lebih peduli pada wilayah sekitar terutama yang terdekat ."

# Pembukaan Rapat Kerja Kemitraan

  2 Komentar untuk Sandang Peringkat 11 Wilayah Rawan Bencana, PMI Banyuwangi Susun Rapat Kerja Kemitraan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. VERIFIKASI NO HP TERDAFTAR UNTUK PROGRAM KJP PLUS DAN KJMU

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Jatinegara, Jakarta Timur  |  6 Apr 2020
  2. PENDAFTARAN DAN PENGKAITAN REKENING KJP PLUS DAN KJMU KE JAKONE MOBILE

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cilincing, Jakarta Utara  |  6 Apr 2020
  3. BAHU MEMBAHU, PUSKESMAS BONJERUK DAN PEMDES LAWAN COVID-19

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  1 Apr 2020
  4. Keseriusan Warga BTN Kopang dalam Pencegahan COVID - 19

    narma  di  Kopang, Lombok Tengah  |  23 jam

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    FAMILY QUALITY TIME.

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 jam
  2. 4
    Komentar
  3. 4
    Komentar

    Penyerahan Masker Dan Hand Sanitizer Di Daerah Bogor Dan Puskesmas Tanah Sareal

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Tanah Sareal, Bogor Kota  |  1 Apr 2020
  4. 4
    Komentar

    BERBAGI ITU INDAH SELALU ADA HIKMAH DI BALIK MUSIBAH

    Moezza  di  Sukawangi, Bekasi Kabupaten  |  31 Mar 2020