Sambut HUT Depok, Dinkes Bakal Gelar Skrining PTM

54896 medium 21032019%281%29
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kota Depok, Dinas Kesehatan (Dinkes) akan menggelar Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada masyarakat. Rencananya kegiatan bakal diadakan pada tanggal 9 April 2019 di ITC Depok lantai 3, pukul 09.00 – 14.00 wib.

Menurut Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiyati, pemeriksaan PTM dimaksudkan untuk mencegah dan mengendalikan faktor risiko melalui deteksi dini. Selain itu juga untuk mengetahui capaian standar pelayanan minimal (SPM) dalam layanan kesehatan di Kota Depok.

“Kami terus berupaya melakukan deteksi dini kepada masyarakat agar mereka dapat melakukan pencegahan sedini mungkin,” tuturnya kepada depok.go.id, Kamis (21/03/19).

Lebih lanjut, ucap Umi, sapaan akrabnya, ada beberapa pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan. Diantaranya deteksi obesitas, hipertensi, diabetes, dan kanker melalui pemeriksaan Inveksi Visual Asam Asetat (IVA), papsmear dan sadanis.

Dikatakannya, dalam pemeriksaan ada sejumlah syarat yang diberlakukan bagi masyarakat. Yaitu usia lebih dari 15 tahun, menunjukkan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun nomor induk kependudukan. Lalu khusus untuk pemeriksaan papsmear membawa fotokopi KTP dan kartu BPJS aktif.

“Ada persyaratan yang harus diperhatikan masyarakat yang ingin turut serta mengikuti skrining ini. Tentunya membawa data diri sebagai identitas,” katanya.

Untuk informasi lebih lanjut, tambah Umi, masyarakat dapat langsung menghubungi Seksi Pencegahan, Pengendalian. Penyakit Tidak Menular (P3TM) Dinkes Depok di nomor 081916844456.

sumber: pemkotDepok
foto: diskominfoDepok
Sudah dilihat 25 kali

Komentar