Sahabat Komisi ASN Kampanyekan #ASN Netral

13 April 2019, 14:32 WIB
6 1 201
Gambar untuk Sahabat Komisi ASN Kampanyekan #ASN Netral
Aparatur sipil negara (ASN) di satu sisi sebagai warga negara memiliki hak pilih, namun disisi lain sebagai pelayanan masyarkat harus netral –setidaknya tampak netral, agar tidak mempengaruhi kualitas pelayan publik yang diberikan. Jaringan CSO (civil society organization) yang menamakan diri Sahabat Komisi ASN turut berparisipasi aktif dalam mengkampenyekan pentingnya #ASN Netral dalam pemilu sebagaimana kampanye edukatif yang dilakukan di arena Car Free Day (CFD) Taman Bungkul Surabaya pada Minggu, 31 Maret 2019. Kampanye edukatif tersebut dimulai sejak pukul 06.00 WIB dan berakhir pada sekitar pukul 08.00 WIB. Selain membentangkan spanduk tentang pentingnya keterlibatan masyarakat dalam melaporkan ASN yang melanggar kode etik melalui SP4N LAPOR! (https://www.lapor.go.id/) dan Lapor KASN (http://lapor.kasn.go.id/), juga menyebarkan brosur seraya memberikan penjelasan serta berdiskusi dengan para pengunjung Car Free Day seputar apa itu ASN dan pentingnya #ASN Netral dalam pemilu. Para peserta juga menampilkan Alat Pearaga Kampanye (APK) yang berisikan yel-yel menggelitik seperti “Wes Wahyahe, #ASN Netral”, “ASN Keren, #ASN Netral”, Wes Gak Jaman, ASN Berpolitik Rek”, dan sebaginya.
Salah satu peserta aksi, Septy Putri, menyampaikan temuan mengejutkan selama kampanye edukatif yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut, bahwa masih sangat banyak masyarakat yang belum mengetahui kepanjangan ASN. Septy begitu ia dipanggil, memandang penting agar kedepan keberadaan Komisi ASN bisa setenar KPK misalnya. Peserta lain, Robiah Al-Adawiyah dari perwakilan organisasai masyarakat yang concern terhadap isu-isu perempuan dan gender, juga menegaskan pentingnya kampanye edukatif ini. “Banyak sekali teman saya yang ASN tidak mengetahui bahwa posting, komen dan bahkan sekeder klik Like terhadap postingan berbau kampanye, itu melanggar kode etik sebagai ASN, maka kampanye ini penting. Selain mengajak para ASN memahami posisinya sebagai abdi negara juga mengajak masyarakat turut berperan mengawasi”, pungkasnya.
Roki Arnoldus Nggili atau biasa dipanggil Roki, bertutur “Aksi turun ke jalan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi kami untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga netralitas ASN bukan saja dalam memberikan pelayanan publik tapi sangat penting juga dalam pelaksanaan pemilu”. “Karena ASN netral akan mewujudkan aparatur Negara yang berkepribadian bersih dan kompeten utk mencapai kualitas pelayanan publik yg berkinerja tinggi”, pungkasnya. Tak kalah dengan Roki, Nisak yang masih bestatus sebagai mahasiswa itu terlihat aktif sekali selama masa aksi, dia terlihat memberikan penjelasan serta mengajak diskusi singkat para pengunjung car free day seputar ASN dan netralitasnya, dan tak lupa pula mengajak para pengunjung untuk foto bersama, dimana diantara bahkan bersama polisi yang sedang bertugas. Perempuan dengan wajah imut tersebut berujar “Kampanye ini sangat penting untuk mensosialisasikan pentingnya netrlitas ASN, dan bahkan kalau perlu dilakukan secara rutin setiap Minggu. Mauli Fikri menambahkan “selain kampanye publik semacam ini, kami para Sahabat Komisi ASN akan melakukan kampanye secara masif melalui media sosial”.

  1 Komentar untuk Sahabat Komisi ASN Kampanyekan #ASN Netral

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar