Saat Arus Mudik Lebaran 2019, Tol Arah Cikampek Diberlakukan “One Way”

26 April 2019, 13:37 WIB
6 2 63
Gambar untuk Saat Arus Mudik Lebaran 2019, Tol Arah Cikampek Diberlakukan “One Way”
Menhub mengingatkan pemudik tidak menggunakan sepeda motor, mengingat angka kecelakaan hingga 70 persen.

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memberlakukan one way di Tol Jakarta–Cikampek untuk mengantisipasi kemacetan saat arus mudik Lebaran 2019.

“Untuk rekayasa lalu lintasnya, bisa dengan one way yang rencananya akan dilakukan saat H-3 dan H+3 Lebaran,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Senin (22/4).

Selain itu, untuk memastikan kesiapan semua pihak yang terlibat dalam arus mudik, Budi berencana turun ke lapangan, khususnya di jalur-jalur rawan macet.

Ia menambahkan, pihaknya mendorong agar ramp check pada seluruh moda dadilakukan. Pada bus-bus dapat dilakukan ramp check secara mandiri oleh Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan di daerah serta dapat dilakukan perbaikan berdasarkan hasil ramp check. Untuk moda udara selain dilakukan ramp check pada pesawat, maskapai juga harus memastikan agar pilot sehat.

Di sektor transportasi darat, Budi mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik, mengingat angka kecelakaan hingga 70 persen. Untuk itu, dirinya meminta masyarakat dapat menggunakan program mudik gratis yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan, baik dengan menggunakan bus, kereta api, maupun kapal laut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, mengungkapkan berdasarkan Survei Angkutan Lebaran 2019 Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub, potensi pemudik dari Banten, Jabodetabek, dan Bandung Raya tahun ini mencapai 18,29 juta pemudik.

Dari potensi pemudik di wilayah tersebut, tujuan terbanyak ke daerah-daerah di Jawa Tengah (Surakarta dan sekitarnya, Semarang, dan Tegal) dan Jawa Barat (Bandung, Garut, Tasikmalaya). Sebanyak 16,7 persen di antaranya akan mudik pada 31 Mei 2019.

“Masyarakat akan mudik paling banyak pada pukul 06.00 hingga 08.00 WIB,” ujarnya.

Sementara itu, puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019 atau H+3 Lebaran. Pada puncak arus balik, sekitar 22,4 persen dari pemudik akan kembali ke kota tinggalnya. “Pada hari Senin (10/6) arus balik juga diperkirakan masih tinggi,” ujarnya. mza/P-5

Sumber: http://www.koran-jakarta.com

  2 Komentar untuk Saat Arus Mudik Lebaran 2019, Tol Arah Cikampek Diberlakukan “One Way”

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar