Rumah Pangan Lestari dibukit Sarangan

38788 medium post 46443 902c86e3 4ee7 46cd 959f f36679c014fd 2018 11 13t14 25 02.493 07 00 38789 medium post 46443 643b1d38 4001 4464 aabb 55054a515c1b 2018 11 13t14 25 03.546 07 00
KWT Sri Rejeki di usia yang baru berupaya mewujudkan Rumah Pangan Lestari agar bisa berkembangkan ke seluruh wilayah dusun Gowok.
Adanya ide kreatif terhadap pengembangan ini utamanya untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga, dan antisipasi pada saat harga pangan melonjak tinggi. Memenuhi kebutuhan pangan keluarga dan menyambut gerakan kesadaran bahan pangan yang sehat konsumsi. Maka KWT Sri Rejeki dusun Gowok telah mengambil langkah awal mulai menanam sayuran organik yang sehat.
Program ini dikembangkan sementara dengan memanfaatkan petak lahan pekarangan salah satu milik warga dusun Gowok, yaitu milik Ibu Sulistiyani. Hal ini dimaksud tempatnya yang strategis, karena kebetulan lahan tanam berada di areal Punthuk Sarangan atau bukit tinggi dengan pesona pemandangan alam Gunung Sumbing Sindoro. Yang kita tahu bahwa beberapa tahun yang lalu menjadi obyek wisata alam instan andalan dusun Gowok. Oleh sebab itu sedikit banyak ini akan kembali membakitkan kembali wisata tersebut juga.
Untuk tanaman sayuran produktif yang ditanam meliputi sayuran yang dibutuhkan sehari-hari bagi keluarga. Antara lain :
cabai, kacang panjang,terong,loncang,seledri,tomat,ceisin,sawi dan aneka ragam sayuran lainnya.
Ini dimaksud untuk memberdayakan potensi pangan lokal.
Tujuan dari pengembangan rumah pangan lestari seperti tersebut di atas adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, mengembangkan ekonomi produktif dan menciptakan lingkungan berdaya guna, hijau yang bersih dan produksi pangan yang sehat.
Program ini diharapkan menjadi awal gerakan yang baik dari dan untuk masyarakat. Sehingga nanti di rumah masing-masing warga anggota KWT bisa menanam seperti yang dilakukan di kelompok tersebut. Kegiatan ini melibatkan kerjasama dengan Tim Penggerak PKK.
Menurut ibu Wahyu selaku pengurus KWT Sri Rejeki kegiatan ini masih perlu motivator dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga, perlu adanya kebersamaan dan pembinaan dari dinas terkait secara berkesinambungan. Dan yang penting juga soal Ijin melalui dinas terkait.
KWT " Sri Rejeki ” beranggotakan 25 orang yang semuanya ibu-ibu, dengan di gawangi oleh Ibu Lestaringsih. Tujuan dari terbentuknya kelompok ini adalah membangun kebersamaan dan mengimplementasikan kebijakan pemerintah tentang pertanian bagi ibu-ibu dan memanfaatkan lahan pekarangan yang belum maksimal.
Semoga kedepan dusun Gowok akan lebih maju dibidang pangan organik yang sehat dalam rangka ketahanan pangan dan mendukung program pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Bela Beli Kulon Progo.
red HBE
Sudah dilihat 60 kali

Komentar