ROWAH, TRADISI PENUTUP PUASA

Header illustration
Lombok Tengah (04/06) - Setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia menyambut datangnya hari kemenangan 1 Syawal dengan penuh suka cita. Kumandang takbir dan tahmid menggema menandakan ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT. swbagai harapan agar dapat dipertemukan Ramadhan berikutnya.

Ungkapan rasa syukur atas karunia Allah SWT juga dilakukan dengan Rowah yaitu tradisi saling memberikan hidangan atau makanan yang disertai dengan acara tahlil dan zikir. Acara Rowah biasanya dilaksanakan di musholla atau di masjid. Namun ada juga sebagian warga memilih rumahnya sebagai tempat jika tuan rumah memiliki niat dan hajat tertentu.

Rowah yang dilaksanakan di musholla ataupun di masjid dimulai 30 menit menjelang Maghrib. Kegiatan diawali dengan tahlil, zikir dan doa. Setelah itu dulang (hidangan) yang sudah terkumpul, dibagikan kepada warga yang hadir. Satu dulang biasanya terisi 5 -7 piring lauk terdiri daging,opor telur,ikan,bebalung,dsb serta 2 piring untuk nasi putih. (aa)

Sudah dilihat 27 kali

Komentar