ROAD SHOW WAJAR 9 TAHUN

29 January 2020, 10:46 WIB
2 0 205
Gambar untuk ROAD SHOW WAJAR 9 TAHUN
Barabali - Berbagai upaya yang telah dan sedang dilaksanakan oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah salah satunya adalah Road Show Wajar 9 Tahun. Acara Road Show diselenggarakan di SDN Barabali pada hari ini Rabu, 29 Januari 2020. Tim yang hadir pada kegiatan ini antara lain: Ibu Kabid SD Dinas Pendidikan Lombok Tengah, Kasi Kurikulum SD, Bapak Kasi Peserta Didik SD dan beberapa pejabat Dinas Pendidikan, termasuk Kasi Sarpras yang baru yaitu Pak Mursyidi.

Road Show diawali dengan arahan Ibu Kabid SD Dinas Pendidkan Lombok Tengah Ibu Khaerunnisa, SE., MM. Beberapa hal yang disampaikan Ibu Kabid pada program ini diantaranya bahwa program Road Show Wajar 9 Tahun dilaksanakan ke 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Tengah.
Selanjutnya beliau menyampaikan tekadnya untuk memajukan mutu pendidikan. Untuk meraih tekad tersebut beliau menyampaikan perlu adanya strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya seperti kredo yang disampaikan oleh Bapak Bupati dan Bapak Wabub yakni "Berlari dan Melompat". beliau menambahkan Berlari dan Melompat tidak cukup dengan mengandalkan tenaga namun dibutuhkan strategi yang tepat, salah satunya dengan meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumber daya yang ada, kalau di bidang pendidikan adalah kepala sekolah, guru dan semua stake holder lain yang ada di sekolah. Disamping itu dalam rangka untuk berlari dan melompat dibutuhkan inovasi-inovasi dan krestifitas dari semua stake holder yang ada di pendidikan.

Hal penting lain disampaikan Ibu Kabid bahwa beliau sangat mengharapkan masukan dan kritikan yang bersifat membangun agar kita bisa memperbaiki kekurangan program program yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kemudian beliau sangat peduli dengan program "Sekolah Ramah Anak". Dimana beliau menghimbu kepada para kepala sekolah untuk terus menjaga keamanan sekolah lebih-lebih terkait dengan pelecehan seksual terhadap anak oleh gurunya atau teman sekolah. Salah satu upaya untuk menghindarinya pelecehan tersebut, sekolah harus membuat jadwal piket dimana petugasnya diutamakan para ibu guru.

Selanjutnya Ibu Kabid menambahkan terkait dengan kondisi sekolah, dimana banyak sekolah yang keadaannya sangat memprihatinkan namun belum mendapat bantuan renovasi. Hal ini terjadi menurut beliau disebabkan karena entry data dan keadaan sekolah didapodik tidak bisa terbaca di pusat khususnya terkait dengan presentase kerusakan fisik sekolah. Untuk itu Ibu Kabid berencana menyiapkan tim tenaga ahli untuk membantu para operator memverikasi tingkat kerusakan di sekolah-sekolah dibawah binaan Ibu Kabid SD Dinas Pendidikan Lombok Tengah.

Wacana pembentukan tim verifikasi tingkat kerusakan sekolah menurut penulis merupakan ide brilian yang tentunya disambut dengan gembira oleh semua kepala sekolah yang hadir. Karena permasalahan kondisi tingkat kerusakan sekolah bukan domain kepala sekolah tetapi domain dari para ahli bangunan, oleh karena itu dengan dibentuknya tim ahli verifikasi akan sangat membantu sekolah-sekolah agar dapodik yang diupdate oleh operator dimasing-masing sekolah akan bisa terbaca dengan bsik di pusat lebih-teriait dengan kondisi bangunan sekolah.

Pada acara berikut Bu Kabid SD memberikan kesempatan kepada para kasi-kasi beliau diantaranya kesempatan pertama diberikan kepafa Kasi Sarpras (Bapak Mursyidi). Beliau menyapaikan kondisi bangunan sekolah SD yang ada di Lombok Tengah dan sekolah-sekolah yang mendapat DAK untuk rehab dan RKB yang diperkirakan berjumlah 11 sekolah.

Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Kasi peserta didik (Bapak Jarmin). Pada kesempatan ini pak kasi menyampaikan terkait tambahan cabang-cabang yang diperlombakan atau dipertandingkan pada Kompetisi Olah Raga Siswa Nasional (KOSN) yaitu sepak bola mini yang sebelumnya tidak dipertandingkan pada OSN. Demikan juga di ajang Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Cabang seni yang diperlombakan pada ajang FLS2N hanya 5 cabang diantaranya: Nyanyi Tunggal, Tari, Cerita Begamar, Seni Kriya dan Pantomim, namun di tahun ini ditambah 2 cabang seni lagi yaitu Seni Baca Puisi dan Seni Cipta Pantun.

Giliran terakhir adalah kesempatan untuk Bapak Kasi Kurikulum SD (Bapak Syafrudin). Beberapa program kasi kurikulum di tahun 2020 salah satunya Program Sosialisasi Ujian Nasional. Bapak kepala sekolah diharapkan untuk terus mengikuti update informasi terkait Ujian Nasional (UN) di media sosial sehingga tidak ada alasan kepala sekolah untuk mengatakan belum mempeloleh informasi tentang berbagai hal terkait dengan UN.

Beliau juga menyampaikan terkait dengan persiapan-persiapan yang perlu dilakukan sekolah untuk menghadapi Ujian Nasional ataupun Ujian Sekolah diantaranya: Pembuatan Program UN/US, Sosialisasi UN/US, Pembuatan kisi-kisi soal US ditingkat KKG, Penataan Ruangan dan Penentuan pengawas UN/US baik pengawas lokal (pengawas yang bertugas di sekolah tempat nengajar) maupun pengawas silang. Kemudian yang terahir Bapak Kasi Kurikulum SD menegaskan agar DNS wajib diperiksa agar sebelum DNT diterbitkan masih terjadi kesalahan data anak. Ini sangat merugikan siswa siswi kita ketika akan melamar pekerjaan dikemudian hari - (Zul).

  Komentar untuk ROAD SHOW WAJAR 9 TAHUN

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Atraksi Teaterikal Peserta Karnaval Putri Mandalika 2020

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  14 Feb 2020
  2. Jatuh Cinta Pada Menulis Hingga Menahodai Sebuah Komunitas

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020
  3. KABID ILMATE PERINDUSTRIAN PROVINSI NTB KUNJUNGI PENGRAJIN ALAT PERTANIAN DI DUSUN BEREMBENG

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020
  4. Dari IMPOSIBLE Menjadi I 'M POSSIBLE

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  17 Feb 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    Kegiatan Aisyiyah Kec. Mergangsan meriah

    Rita Jatmikowati  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  14 Feb 2020
  2. 4
    Komentar

    Dari IMPOSIBLE Menjadi I 'M POSSIBLE

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  17 Feb 2020
  3. 4
    Komentar

    20 - 02 - 2020

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  20 Feb 2020
  4. 4
    Komentar

    Jatuh Cinta Pada Menulis Hingga Menahodai Sebuah Komunitas

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  15 Feb 2020