Road Show Membangun Keluarga Bermartabat di Kota Satelit

12 March 2019, 5:44
4 0 76
Gambar untuk Road Show Membangun Keluarga Bermartabat di Kota Satelit
Dilatar belakangi meningkatnya permasalahan stunting (gizi buruk), pernikahan dini dan permasalahan ketertiban masyarakat yang meningkat, Forum Pimpinan Kecamatan Samigaluh, Kabupaten, Kulon Progo melakukan kegiatan Road Show Membangun keluarga bermartabat di kota Satelit secara bergilir.
Sebanyak 21 pedukuhan menjadi sasaran kegiatan tersebut, salah satunya di Dusun Gowok, Desa Kebonharjo yang diselenggarakan pada tanggal 12 Februari 2019 di kediaman Bapak Sunardi selaku Kepala Dusun.
Kegiatan yang mengundang Pemerintah Desa, tokoh masyarakat, kelembagaan Dusun dan warga masyarakat. Dalam sambutannya, Haryanto Kasie Kesra selaku wakil Camat Samigaluh menyampaikan saat ini wilayah Samigaluh memperoleh berbagai prestasi dan kedepan akan menjadi salah satu kawasan strategis dalam pengembangan wisata di Kulon Progo dengan ditandai di bangunnya jalan bedah Menoreh. Tetapi masih terdapat berbagai persoalan diantaranya adalah gizi buruk, pernikahan dini dan permasalahan ketertiban masyarkat. Kegiatan ini sebagai langkah antisipasi dengan melelui forum sebagai wadah berbagi informasi, konsultasi dan edukasi.
Puskesmas 2 Samigalauh yang diwakili oleh Bidan Desa Tyas Ningrum menyampaikan pernikahan dini akan berdampak belum siapnya keluarga baik secara fisik, phsikologi dan ekonomi yang dapat menimbulkan berbagai masalah salah satunya stunting secara fisik.
Kapolsek Samigaluh AKBP Purnomo dalam kesempatan tersebut menitik beratkan pada persoalan narkoba yang akan menjadi ancaman serius bagi generasi muda. Secara gamblang dijelaskan bentuk dan modus dalam pengunaan dan pengedarannya. Disis lain diungkapkan juga pentingnya tertib berlalu lintas bagi pengguna kendaraan bermotor. Dengan dibangunnya gedung Polsek Samigaluh yang baru akan ditingkatkan ketertiban berlalu lintas.
Bapak Suyadi dari perwakilan Keluarga Berencana menyampaikan bahwa pengendalian jumlah penduduk menjadi salah satu perhatian karena jumlah manusia saat ini sudah tidak sesuai dengan daya dukungnya. Tahun 2030 diperkirakan akan terjadi kelangkaan air dan energi yang memungkinkan terjadinya migrasi (perpindahan penduduk-red) besar besaran dari daerah yang terdampak dan bahkan bisa memicu kerusuhan sosial dan konflik internasional.
Sebagai penutup Bapak Qomaruzaman dari KUA Kecamatan Samigaluh menekankan pada harmoni (keselarasan) keluarga yang diwujudkan pada kasih sayang pada anak. Menjadikan mereka patuh pada orangtua dengan meberikan cinta kasih sayang penuh yang bisa disalurkan dalam bentuk komunikasi, dialog dan perbicangan selain doa yang tulus kepada Allah SWT.
Riyanto ketua RT.01 mengusulkan buku panduan warga desa yang mudah dipelajari oleh orangtua dan anak untuk mengatasi persolan-persoalan diatas.
Kegiatan Road Show ini di tutup dengan adanya deklarasi bersama oleh seluruh peserta dalam membentuk keluarga yang bermatabat dan menjaga ketertiban masyarakat.

#desakebonharjo

  Komentar untuk Road Show Membangun Keluarga Bermartabat di Kota Satelit

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!