Ribuan Program Bantuan Keagamaan Siap Dikucurkan

4766 medium 31785
Pemkab Lamongan sudah menyiapkan ribuan alokasi bantuan di bidang keagamaan sepanjang 2016. Rencana itu diungkap Bupati H Fadeli usai melakukan Safari Ramadan di Masjid Baiturrohim di Desa Banjargondang, Kecamatan Bluluk, Selasa (14/6).

Program ini menurut Fadeli, merupakan wujud kepedulian Pemkab pada ancaman krisis moral bangsa, terutama di wilayahnya. “Bidang keagamaan ini bisa menjadi pilar bagi bidang lain yang harus terus digenjot, seperti pertanian, infrastruktur, kesehatan dan pendidikan,” ujar Fadeli.

Program itu antara lain, anggaran bantuan untuk 11 ribu guru ngaji yang akan menerima Rp 200 ribu per orang, kemudian anggaran Rp 250 ribu per orang untuk sekitar 2 ribu modin, dan bantuan sebesar Rp 750 ribu untuk masing-masing takmir masjid. “Imam musala yang tercatat sebanyak 4.725 orang juga bakal menerima bantuan sebesar Rp 250 ribu setiap orangnya,” beber bupati.

Sedangkan untuk 280 penyelenggara pondok pesantren, pemkab sudah menyiapkan anggaran bantuan sebesar Rp 500 ribu. Khusus untuk Safari Ramadan 1437 Hijriah, Bupati Fadeli dijadwalkan melakukan safari di empat kecamatan lagi. Yakni Kalitengah pada 16 Juni, Sugio pada 20 Juni, Karangbinangun pada 23 Juni dan terakhir di Ngimbang pada 28 Juni.

Safari Ramadan juga dibarengi dengan Pasar Murah yang menjadi magnet warga di tengah melonjaknya harga kebutuhan pokok. Seperti dalam pasar murah di Desa Banjargondang.

“Untuk pasar murah, di alun-alun nanti juga akan digelar selama tiga hari mulai 17 Juni,” timpal Wabup Kartika Hidayati yang mendampingi bupati.

“Pasar murah ini dimaksudkan untuk memberikan akses komoditi berkualitas dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat yang kurang mampu. Selain itu juga dimaksudkan sebagai upaya stabilisasi harga,” kata politisi perempuan PKB tersebut.
Sudah dilihat 136 kali

Komentar