Ribuan Obat Diamankan dari Apotek di Pasar Pramuka

warga di sekitar Anda di Kramat Jati, Jakarta Timur
6862 medium ribuan obat diamankan dari apotek di pasar pramuka
Petugas gabungan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di DKI Jakarta, Satpol PP, PD Pasar Jaya, Polisi dan TNI, masih melakukan penggeledahan terhadap lima apotek rakyat di Pasar Pramuka.

Hasilnya, dari salah satu toko yang selesai digeledah, diamankan ribuan butir obat berbagai jenis dan merek.

Kepala Seksi Pemeriksaan BPOM DKI, Widya Savitri mengatakan, karena jumlah obat yang diperiksa banyak, penggeledahan memakan waktu lama. Pihaknya saat ini baru selesai memeriksa dan mendata di Apotek Rakyat Sinar Sehat.

Dari dalam Apotek Sinar Sehat, pihanya mengamankan ratusan jenis obat dari berbagai merek. Obat yang diamankan terdiri dari obat keras sebanyak 18 item yang terbagi dalam 445 boks. Kemudian obat bebas terbatas 11 item dengan jumlah 147 boks, obat bebas 7 item berisi 76 boks dan lain-lain seperti suplemen serta jamu.

"Kita hanya mendata dan obatnya kita simpan di dalam toko. Kemudian kita segel lagi dan siapapun tidak ada yang boleh membuka karena penyelidikan masih berlangsung," katanya, Selasa (13/9).

Dikatakan Widya, selama obat-obatan masih disimpan di dalam toko, pihaknya terus melakukan penyelidikan. Khusus obat yang kedaluwarsa dan tak memiliki izin edar langsung diamankan untuk dimusnahkan.

Sedangkan terhadap obat yang dikirim oleh distributor resmi akan dikembalikan ke pemiliknya.

Sumber: Berita Jakarta
Sudah dilihat 159 kali

Komentar