Ribuan Masyarakat Antusias Urus Akta Kelahiran dan KIA

59896 medium 29042019%281%29
Stan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok diminati masyarakat pada peringatan hari jadi Kota Depok, Sabtu 27 April 2019 di Balai Kota. Tercatat, sebanyak 5000 orang melakukan permohonan Kartu Identitas Anak (KIA) dan 700 orang melakukan permohonan Akta Kelahiran di acara tersebut.

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir mengatakan, pada hari itu masyarakat yang datang sangat membeludak. Sehingga tidak semua dokumen dapat dicetak satu hari, karena petugas yang terbatas.

“Namun, semuanya tetap dilayani hanya mekanismenya berubah. Setelah jadi, baik KIA dan Akta Kelahiran akan didistribusikan ke kelurahan masing-masing. Disdukcapil yang akan menghubungi pemohon,” ujarnya kepada depok.go.id, Senin (29/04/2019)

Sementara itu, Kepala Seksi Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Depok, Jaka Susanta menambahkan, membeludaknya masyarakat juga menjadi pertimbangan pihaknya merubah mekanisme pelayanan. Sebab, antrean yang panjang dikhawatirkan dapat menyebabkan petugas dan pemohon kelelahan.

“Kami terpaksa mengantisipasi dengan cara menerima surat permohonan, kemudian akan dilanjutkan pembuatannya di kantor setelah jadi atau selesai akan diberitahu di kantor kelurahan masing masing,” tambahnya.

Di tempat berbeda, Widiana Elga (26) Warga RT 01/03 Kelurahan Cipayung Jaya, mengaku rela antre demi dokumen kependudukan Akta Kelahiran dan KIA putra-putrinya. Momen tersebut juga dimanfaatkannya untuk melihat acara hari jadi Kota Depok di Balai Kota Depok.

“Rame dan penuh yang antre, tetapi tertib dan aman. Berkas pendaftaran sudah diterima, nanti tinggal saya ambil di Kelurahan Cipayung, ” ucapnya.

sumber: pemkotdepok
foto: diskominfodepok
Sudah dilihat 30 kali

Komentar