Ribuan Buruh di-PHK, Serikat Buruh Dan Ormas Cilegon Akan Gelar Demo

65090 medium post 69877 1b130d02 cde9 4f90 ac4b c1a285dad8d2 2019 07 01t13 12 52.235 07 00
Cilegon.,| - Ribuan buruh PT. Krakatau Steel dari yang bergabung di serikat pekerja berencana akan melakukan aksi unjuk rasa didepan Gedung Tekhnologi PT Krakatau Steel, selasa 2 Juli 2019 mendatang. Minggu (30/06/2019).
.
Aksi unjuk rasa ini di lakukan untuk menolak terhadap rencana perusahaan yang akan melakukan Pemutusan Hak Kerja (PHK) kepada 1300 karyawannya. Jumlah itu terdiri dari karyawan organik dan outsourching. PHK disebut sebagai langkah KS untuk restrukturisasi perusahaan.
.
Salah satu anggota serikat buruh FSPBC Arohman mengungkapkan, rencana aksi unjuk rasa besok merupakan bagian dari tuntutan prioritas. Yang mana, buruh PT Krakatau Steel meminta perusahaan untuk membatalkan rencana PHK tersebut.
.
“Tuntutan yang ingin kita ajukan nanti adalah meminta PT KS untuk membatalkan pengurangan terhadap para karyawannya, terutama buruh outsourching. Karena menurut kami, lebih baik perusahaan mengkaji ulang kebijakan pengurangan karyawan tersebut.” ujar.
.
Lebih lanjut, Arohman juga mengatakan apabila PHK yang dilakukan PT Krakatau Steel ini tetap dilakukan maka akan menimbulkan dampak buruk bagi para buruh, terlebih yang berstatus outsourching atau pegawai kontrak.
.
“Kenapa kita menolak, ya salah satunya kan karena tuntutan hidup juga tinggi. Ditambah lagi, apabila kita di PHK sudah pasti buruh kebingungan ketika berhenti bekerja akan usaha apa. Karena otomatiskan belum ada gambaran. Sedangkan KS ini BMUN milik negara, minimal negara harus memberikan perhatian,” tambahnya.
.
Dilain tempat Anwar Musadat Ketua DPP Brigade Al Khairiyah Menuturkan dari pada memutuskan hak kerja buruh, lebih baik PT KS memindahkan atau memasukan beberapa buruh ke anak perusahaannya yang lain, sehingga para karyawan yang statusnya kontrak bisa terbantu.
.
“Misalkan kalau itu (kebijakan pengurangan karyawan) sudah menjadi keputusan mutlak tidak bisa dirubah lagi, kan masih ada pilihan lain, misalnya dipekerjakan di KTI, KDL, KHI atau anak-anak perusahaan KS Grup," tuturnya.
.
Selain akan diikuti oleh 800 orang buruh dari Federasi Serikat Pekerja Baja Cilegon (FSPBC) dan Serikat Buruh Krakatau Steel (SBKS), aksi ini juga mendapat dukungan dari beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) serta sejumlah serikat buruh yang ada di PT Krakatau Steel.
. #AtmagoBanten #Atmago
Sudah dilihat 109 kali

Komentar