RENUNGAN: "GURU BENING HATI"

1 March 2020, 19:02 WIB
1 0 183
Gambar untuk RENUNGAN: "GURU BENING HATI"
Guru cerdas, pandai, lincah, dan kreatif mutlak diperlukan. Karena dipundak merekalah nasib generasi bangsa yang cerdas dan terampil ditumpukan. Namun, cerdas, pandai, dan terampil saja tidak cukup, kita mendambakan generasi masa depan yang paripurna, selain cerdas juga santun dan teguh iman. Teguh iman menjadikan mereka manusia yang tidak mudah tergoyahkan, tidak mudah koyak oleh hantaman dan gerusan perang budaya. Hati mereka adalah hati yang terjaga kesuciannya karena iman yang menghunjam ke dalam dada. Untuk itu mereka membutuhkan tidak sekadar guru cerdas dan terampil, mereka membutuhkan guru cerdas nan bening hati yang mampu memandu mereka meniti hidup dalam iman.

Guru bening hati adalah guru yang menggantungkan hatinya kepada Tuhan. Hatinya terdidik untuk senantiasa benar dan lurus dalam niat, kata, dan perbuatan. Dia tidak harus guru yang ahli di bidang agama, namun dia paham tentang dirinya dalam hubungannya dengan Tuhan dan manusia sekelilingnya. Setiap langkahnya tidak terlepas dari perasaan terpantau oleh Tuhan. Setiap katanya menggetarkan hati anak didiknya karena terasah oleh sujud khusyu'nya yang membersihkan lisan dari kekotoran.

Guru bening hati tidak hanya menyentuh aspek fikir anak didik, dia menyentuh sisi terdalam kemanusiannya, hatinya. Guru bening hati adalah penggerak hati anak didiknya agar tergugah untuk menimba ilmu tiada kenal lelah, dan mengasah diri menjadi petarung tangguh dalam memperbaiki kualitas pribadinya, menjadi pribadi yang indah dihadapan Tuhan dan sesamanya.

Guru bening hati tidak hanya mendidik secara jasmani, tidak hanya melalui interaksi fisik di dalam kelas. Guru bening hati mendidik dari semua matra, terutama matra jiwa melalui doa doanya yang terlantun di setiap sujudnya. Dalam kesendirian dan kemesraan dengan Tuhan dia bermohon semoga anak didiknya senantiasa diberi kekuatan dan kemampuan untuk tidak pernah berhenti belajar, dia bermunajat untuk keberhasilan anak didiknya dalam setiap tahap kehidupan.

Akhirnya, guru bening hati adalah guru yang menyadari bahwa dia tidak memiliki kemampuan merubah kecuali atas bantuan Tuhan. Maka setiap gerak edukasinya dia libatkan kuasa Tuhan. Tuhan, Yang Maha Membolak-balikkan hati manusia, adalah Maha Pendidik. Kita adalah debu kecil yang bergerak dengan bantuan tiupan angin Ilahi. Dalam tahajud guru bening hati bermohon semoga angin hatinya bertiup selalu ke arah kebenaran.

Disadur dari: tulisan Arifin (alumni MM-UGM, TA 2012/213)

  Komentar untuk RENUNGAN: "GURU BENING HATI"

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  2. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  3. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    CORONA TIDAK MENJADI PENGHALANG RUTINITAS

    WAHYU NAN HANDA  di  Praya, Lombok Tengah  |  20 May 2020