Rekontruksi Peran, JATMAN Kota Bekasi Gelar Raker

2 0 229
Gambar untuk Rekontruksi Peran, JATMAN Kota Bekasi Gelar Raker
RAWALUMBU - Idarah Syu’biyah Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyah (JATMAN) Kota Bekasi menggelar Rapat Kerja (Raker) 1 di NU Center El Said, Kelurahan Sepenjang Jaya, Rawalumbu, Ahad (1/3/2020), dengan mengusung tema 'Membumikan Tradisi Thariqah di Kota Bekasi'.

Mudir JATMAN Kota Bekasi, H. Ahmad Sauki S. Ag mengatakan, karena meruoakan sesuatu yang baru di Kota Bekasi maka untuk melakukan langkah yang strategis guna penguatan organisasi JATMAN Kota Bekasi lakukan rekontruksi organisasi.

"Organization reconstruction, karena JATMAN Kota Bekasi ini sebelumnya tidak memiliki estapeta yang ideal dari pengurusan sebelumnya, oleh karena itu kita ingin membangun sebuah rekonstruksi organisasi yang ideal, supaya nantinya kepemimpinan JATMAN bisa melanjutkan estapeta kepemimpinan kepada regenerasi selanjutnya," ucap Sauki saat diwawancarai Atmago, Minggu (1/3/2020).

Tentunya dibawah kepemimpinan PCNU Kota Bekasi, lanjut Sauki, JATMAN Kota Bekasi butuh dukungan-dukungan dari semua elemen warga Nahdliyyin. "Untuk itu, JATMAN Kota Bekasi punya komitmen membangun sinergi antara JATMAN Kota Bekasi dengan PCNU Kota Bekasi," katanya.

Menurutnya, objek daripada JATMAN Kota Bekasi gerakan tradisi thariqah. Maka tentunya, PCNU yang bergerak dibidang syariat pengamalan pengalaman ibadah sehari-hari. Tapi, JATMAN lebih mengisi pada thariqah.

"Thariqah sendiri adalah pelaksanaan suasana batin, sehingga individu daripada warga nahdliyyin nantinya mampu memiliki ketahanan syariat dan juga aspek ruhaniyah, dan batiniyah melalui aspek thariqah itu sendiri. Sehingga menciptakan individu yang toleran, moderat, dan juga selalu mengedepankan nilai-nilai Islam Rahmatan Lil Alamin," bebernya.

Dikatakannya, JATMAN Kota Bekasi sendiri nantinya akan memperluas jaringan di 12 Kecamatan se-Kota Bekasi. "Tentunya, itu merupakan salah satu bagian daripada Raker hari ini, karena memang dimana JATMAN Kota Bekasi ini sendiri baru berdiri, sehingga tiga bulan kedepan melalui raker ini, kita akan membentuk ghusniyyah-ghusniyyah," jelasnya.

Ghusniyyah sendiri, lanjut Sauki, merupakan perwakilan tingkat Kecamatan yang ada dibKota Bekasi. "Alhamdulillah, Ghusniyyah yang baru terbentuk adalah Bekasi Barat, dan dalan waktu dekat ini adalah Kecamatan Medan Satria.Sisanya yang 10 Kecamatan ini, kita sudah mengidentifikasi nama-nama pengurus ghusniyyah. Tapi, secara formal kita belum bentuk," sebutnya.

Sementara Pengurus Lajnah Ekonomi JATMAN Kota Bekasi, Erie Mutawalli mengatakan, atas intruksi Jawa Barat melalui Sekretaris JATMAN Kota Bekasi yakni Kang Heri, kini JATMAN Kota Bekasi resmi berdiri setelah beberapa tahun dalam kevakuman.

"JATMAN ini kan sifatnya thariqah Rais Aam kita itu Habib Lutfi bin Yahya, kalau thariqah itu kan hubungannya batin dan tarekat. Bagaimana kita bermarifat mendektkan kepada Allah, cuma memang thariqah JATMAN ini kan di bawah Banom PCNU Kota Bekasi," imbuhnya.

Dijelaskannya, raker ini merupakan raker pertama sekaligus silaturahmi. Nantinya, akan ada reker selanjutnya setelah keluarnya SK kepengurusan baru. "Insya Allah, pelantikan pengurus baru pun akan dilaksanakan dalam raker kedua," tegasnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto Tjahyono mengatakan, meski JATMAN pertama kali dibentuk dengan kepengurusan yang baru. Tentunya bisa memberikan kesejukan kepada masyarakat, untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. "Mudah-mudahan apa yang sudah digagas oleh NU dapat terus membumi di Kota Patriot kita," tandasnya.

  Komentar untuk Rekontruksi Peran, JATMAN Kota Bekasi Gelar Raker

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  2. Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  3. GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. Pelanggaran kampanye Pada pilkada di kab, Lamongan

    Wais Al Qorni  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  3. 2
    Komentar

    Beritakan Lingkungan Sekitar, Pemuda Lamongan Adakan Kelas Jurnalisme Warga

    Zuria Qurrotul Aini  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. 2
    Komentar

    Potensi Wisata Desa

    Shella Rizqi Aulawwiyah  di  Paciran, Lamongan  |  22 Nov 2020