Rekayasa Lalin Selama Uji Coba Underpass Matraman

23677 medium underpass matraman
Hari ini, Selasa pagi, 10 April 2018 pukul 06.30 WIB Underpass Matraman resmi diuji coba. Dinas Perhubungan DKI bersama polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas di Simpang Matraman dan Simpang Megaria, Jakarta Pusat. Tujuan pembangunan Underpass Matraman ini adalah untuk mengakomodasi arus lalu lintas dari arah Jalan Matraman Dalam/Jalan Tambak ke arah Jalan Pramuka dan Jatinegara, Jakarta Timur. Paling tidak tingkat kemacetan sebesar 30 % dapat teratasi dengan adanya Underpass ini.

Selama masa uji coba, pihak aparat melakukan rekayasa lalu lintas di Simpang Matraman dan Simpang Megaria, Jakarta Pusat sebagaimana berikut:

Pengaturan di simpang Matraman (Salemba Raya-Matraman Dalam)

1) Arah lalu lintas pada flyover Matraman yang semula diberlakukan sistem pengaturan lalu lintas dengan pembagian waktu akan dikembalikan seperti semula.

2) Arus lalu lintas dari Jatinegara menuju Senen dan Pramuka yang semula dialihkan melalui Matraman Dalam-Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro-Jalan Salemba Raya akan diberlakukan kembali seperti kondisi awal. Dinding pembatas akan dibuka sehingga pengguna jalan bisa langsung lurus menuju Senen.

Pengaturan di Samping Megaria (Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro)

1) Akan dilakukan penyesuaian terhadap fase dan waktu siklus lampu lalu lintas di Simpang Megaria.

2) Pada ruas Jalan Proklamasi mulai dari Simpang Megaria sampai dengan Simpang Jalan Proklamasi-Jalan Penataran akan diberlakukan sistem satu arah dari utara menuju selatan.

3) Jalan Penataran yang semula dua arah akan diberlakukan sistem lalu lintas satu arah ke utara (Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro).

4) Arus lalu lintas dari Mangunsarkoro diberlakukan larangan belok kanan.

5) Arus lalu lintas dari Manggarai menuju arah barat/timur melalui Jalan Proklamasi-Jalan Penataran-Jalan Diponegoro.

6) Arus lalu lintas dari Manggarai menuju Pramuka/Jatinegara belok kanan di samping Tambak melalui Matraman Dalam-masuk underpass (lurus ke Pramuka dan kanan Jatinegara), sementara arus lalin menuju Menteng melalui Jalan Proklamasi-Jalan Penataran-lurus ke arah Menteng, belok kanan ke RSCM, dan kiri ke Imam Bonjol.

7) Arus lalin dari Menteng menuju Pramuka dan Jatinegara melalui Jalan Proklamasi- Matraman Dalam- masuk underpass Matraman.

8) Arus lalin dari Imam Bonjol menuju Pramuka dan Jatinegara belok kanan di samping Megaria-Jalan Proklamasi-Jalan Matraman Dalam-underpass Matraman.


Disarikan dari berbagai sumber

Sudah dilihat 87 kali

Komentar