Ramainya Perpustakaan Kota Jogja

24760 medium 1524977994503
Minat warga Yogyakarta untuk berkunjung ke perpustakaan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya layanan yang diberikan oleh perpustakaan. Perpustakaan kota Yogyakarta merupakan salah satu perpustakaan paling ramai, dengan jumlah pengunjung 1000-1400 orang setiap harinya. Perpustakaan yang berlokasi di daerah Kotabaru ini memiliki berbagai layanan yang menarik, antara lain JAMILA (Peminjaman buku yang bisa diantar ke rumah), RAISA (Ruang diskuso bersama), dan lain sebagainya. Dengan fasilitas gazebo dan Wi-Fi gratis dengan kecepatan tinggi, banyak pengunjung yang membuka laptop dan mencari informasi maupun hiburan melalui internet. Meskipun begitu, minat untuk membaca secara aktif di perpustakaan masih perlu ditingkatkan.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan salah satu petugas perpustakaan, jumlah keseluruhan pembaca yang meminjam dan mengembalikan buku sekitar 100 orang dari 500 orang yang datang ke gedung perpustakaan. Selain itu banyaknya pembaca yang tidak memgembalikan buku membuat Perpustakaan Kota Yogyakarta kehilangan hingga ratusan koleksi setiap tahunnya.

Perpustakaan memang merupakan tempat dimana warga bisa mencari informasi sekaligus rekreasi. Namun warga kota Yogyakarta dapat menjadi warga yang bijak dalam menggunakan perpustakaan dengan lebih memaksimalkan layanan yang ada di perpustakaan. Mari menjadi pembaca yang bijak!

Komentar