Ragam "Kecanduan" Modern (Bag. 1)

18 September 2016, 20:26 WIB
12 2 275
Gambar untuk Ragam "Kecanduan" Modern (Bag. 1)
Kecanduan.
Satu kata ini cukup mengerikan. Bagaimanapun, kecanduan bisa bermakna kalau kita ketagihan akan sesuatu. Saking ketagihannya, kita sampai sulit (hampir tersiksa) untuk mengatakan “tidak”. Selalu tunduk dan patuh saja.

Sesuatu itu bisa benda, suatu zat, atau aktivitas tertentu. Kalau semuanya tak ada, kita akan merasa hampa. Sehingga kita bisa nekat melakukan apapun demi mendapatkannya.Contohnya tak jauh dari narkoba, yang sudah terang-terangan membunyikan genderang peperangan bagi umat manusia.

Dan di zaman sekarang, tanpa terasa kecanduan akan sesuatu itu semakin banyak bermunculan. Apa saja? Jom!

#1. Kafein

Tanpa terasa, mungkin daku juga sudah termasuk ketagihan akan poin perdana ini. Kalau dipikir-pikir, sudah ada perasaan “tak bisa lepas” dari kopi. Sehari tanpa zat kafein ini rasanya ada sesuatu yang tak utuh. Karena itu harus ada upaya pengendalian diri agar konsumsinya tidak melampaui batas.

#2. Nikotin

Bicara tentang nikotin tak akan jauh dari yang namanya rokok. Kenyataan pahitnya, orang-orang sudah mengenal benda tersebut sejak dini. Anak-anak yang melihat orang dewasa merokok di sekitarnya. Atau, pelajar yang memang ingin mencoba segala hal. Kalau sudah mencicipi, ada kecenderungan untuk tak bisa lepas lagi. Susah. Walau sudah tahu dan sadar akan bahayanya sekali pun, perokok tetap akan keukeuh kalau ketagihannya itu “membawa kebaikan” untuk dirinya.

#3. Alkohol atau Minuman Keras

Semua tahu kalau cairan ini memiliki efek yang kuat dan sensasi menyenangkan, untuk sementara. Setelahnya si peminum akan merasakan sakit kepala hebat, mual, muntah-muntah, mengalami gangguan kesehatan, perilaku, bahkan sampai mengancam keturunan. Tppi biasanya konsumsi minuman ini justru akan semakin meningkat, semakin butuh, dan ketagihan.

Sumber: rosediana.net

Foto: pedulisehat.info

  2 Komentar untuk Ragam "Kecanduan" Modern (Bag. 1)

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar