PULUHAN ORGANISASI PECINTA ALAM GENCARKAN TANAM MANGROVE DI TELUK PALU

64564 medium ratusan anggota kelompok pencinta alam sulawesi tengah
Kelompok Pecinta Alam di Sulawesi Tengah melakukan aksi penanaman seribu pohon mangrove di pesisir pantai Kelurahan Mamboro, Palu Utara, Kota Palu.

Kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan minggu, (23/6/2019) ini sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. Selain itu, tujuan penanaman mangrove ini juga untuk melindungi pesisir pantai Teluk Palu dari gelombang tsunami, khususnya di Kelurahan Mamboro.

Kata salah satu pelaksana, bahwa penanaman mangrove harus lebih digencarkan, karena akan sangat berbahaya jika tidak ditanami sejak dari sekarang.

Penanaman mangrove ini melibatkan puluhan organisasi kelompok pencinta alam yang ada di Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan Parigi Moutong. Dengan jumlah mangrove 1000 bibit.

Dalam penanaman mangrove sendiri, bahwa perlu diperhatikan jenis yang cocok di wilayah yang akan ditanami. Kata salah satu penanam mangrove.

Untuk di pesisir pantai Kelurahan Mamboro, pihaknya menanam jenis Rhizophora mucronata dan Rhizophora stylosa. Karena kata mereka, jenis ini sudah di ujicoba pada lokasi yang berdekatan dari lokasi penanaman saat ini dan tumbuh dengan baik.

Untuk penyediaan bibit, penyelenggara mendapat bantuan dari pencinta alam di Parigi Moutong. Dilain hal, mereka berharap bahwa warga sekitar dapat menjaga ribuan pohon mangrove tersebut. Pasalnya, selain melindungi pantai, mangrove juga sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa.

Foto : Tribun Palu
Sudah dilihat 78 kali

Komentar