PTPN VIII Perkebunan Ciater Bersama Pegiat Lingkungan Melaksanakan Penanaman Bibit Pohon

29 March 2019, 23:18 WIB
3 0 70
Gambar untuk PTPN VIII Perkebunan Ciater Bersama Pegiat Lingkungan Melaksanakan Penanaman Bibit Pohon
SUBANG- Untuk menjaga dan melestarikan sumber mata air, pihak PTPN VIII Perkebunan Ciater dibantu para pegiat lingkungan di Subang kembali melakukan penghijauan dengan menanam ribuan bibit pohon di lahan milik PTPN VIII.

Kegiatan penanaman inipun dipimpin langsung oleh Pariaman (43) perwakilan dari asisten Kepala PTPN VIII Perkebunan Ciater, yang diikuti pegiat lingkungan Iis Rochyati, dan ratusan warga masyarakat Ciater , di lingkungan perumahan Aster, Kampung Cicenang , Ciater Subang, Jumat (29/3/2019).

Adapun jenis bibit pohon yang ditanam tersebut diantaranya, mindi, kopi, belendung, puspa, rasamala, dan mahoni.
Pegiat lingkungan subang, Iis Rocyhati bersyukur dengan adanya kegiatan penanaman puluhan ribu bibit tanaman di atas lahan perkebunan milik PTPN VIII tersebut. Iis tak menampik jika permasalahan lahan kritis PTPN VIII dipicu oleh alih fungsi dari perkebunan menjadi pertanian. Solusinya adalah kembali menanami lahan tersebut dengan tanaman keras yang bisa menyerap air. Sehingga penanaman ribuan bibit pohon tersebut, selain untuk melestarikan sumber mata air, juga mencegah terjadinya longsoran tanah dari penanaman sayuran yang sebelumnya telah digarap oleh warga
“Saya sangat mengapresiasi langkah PTPN VIII ini, lahan yang ditanami ribuan bibit pohon tersebut tentunya dapat kembali melestarikan sumber mata air sebagai daerah resapan air. Terutama mencegah terjadinya longsor,” ujar Iis Petani sapaan akrabnya disela acara.
Ia juga meminta kepada warga untuk bersama-sama menjaga dan ikut memantau pasca tanam bibit pohon tersebut.

“Karena pasca tanam biasanya dalam waktu satu minggu , pohon - pohon tersebut sudah hilang,” keluhnya.

Secara bersamaan, Pariaman (43) perwakilan dari asisten kepala PTPN VIII perkebunan Sariater, penanaman tersebut merupakan upaya pihaknya untuk menjaga dan melestarikan sumber mata air di perkebunan teh tersebut sebagai daerah resapan air. Kegiatan inipun rutin dilakukan setiap hari jumat, yang dilakukan bersama warga masyarakat Ciater.

  Komentar untuk PTPN VIII Perkebunan Ciater Bersama Pegiat Lingkungan Melaksanakan Penanaman Bibit Pohon

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!