Proyek Tol Layang Becakayu Diprediksi Akan Memperparah Macet di Bekasi

67190 medium e8b2a3516a691fa3e15ed73150fb2aca
KEMACETAN di Kota Bekasi diprediksi akan semakin parah. Pasalnya, pengerjaan proyek tol layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) akan melewati persimpangan Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan sekitar dua bulan ke depan.

“Tentunya akan menimbulkan kemacetan parah. Sebab, lokasi itu adalah pusat kota. Ada empat pusat perbelanjaan yang saling berdekatan dan selalu ramai,” ungkap Kepala Bidang Teknik Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Johan Budi Gunawan, Kamis (18/7).

Menurut Johan, kemacetan timbul lantaran tiang pembangunan tol akan melintas mulai dari Jalan KH Noer Ali Kalimalang, hingga ke Jalan M. Hasibuan. Dalam pengerjaannya, proyek Tol Becakayu yang memakan sebagaian besar badan Jalan KH Noer Ali Kalimalang.

Selain itu, pengalihan kendaraan akibat pembangunan Tol Jakarta Cikampek Eleveted LRT dan Kereta Cepat dari dalam ruas tol Jakarta Cikampek turut menyumbang kemacetan.

“Bekasi dapat limpahan volume kendaraan dari dalam tol yang keluar melalui jalan arteri Kota Bekasi, mereka mencari alternatif untuk menghindari kepadatan di dalam Tol Jakarta Cikampek. Ditambah ada proyek Tol Becakayu, jadi lebih parah lagi macetnya,” jelas dia.

Johan mengatakan, selama ini pihaknya hanya bisa melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk meminimalisir kondisi kemacetan. Meskipun, ia mengakui, kemacetan lalu lintas tak dapat dihindari.

“Kami tidak menjamin kelancaran, tapi kami pastikan kalau ada kemacetan tidak terlalu semrawut,” pungkasnya. (mediaindonesia)
Sudah dilihat 87 kali

Komentar