PROGRAM EDUKASI DAN PELATIHAN DESA TANGGAP COVID-19

29 May 2020, 07:20 WIB
0 0 139
Gambar untuk PROGRAM EDUKASI DAN PELATIHAN DESA TANGGAP COVID-19
Program Edukasi Dan Pelatihan Desa Tanggap Covid-19
Kurang lebih selama 3 bulan, Dunia telah berduka akibat adanya penyebaran kasus covid-19. Tak lain adalah Indonesia, Negara Ibu Pertiwi yang indah akan kekayaan alamnya. Banyak kota kota maupun pedesaan di Indonesia yang terjangkit virus kecil mematikan tersebut. Keadaan ini tentunya sangat meresahkan masyarakat, apalagi ketika dihantui oleh rasa takut yang berlebihan akibat adanya virus corona. Hal ini menjadi fokus tersendiri bagi beberapa pihak yang peduli akan kasus penyebaran covid-19. Namun, kepedulian tidak bisa dibilang kepedulian tanpa melakukan pergerakan yang memberikan manfaat untuk banyak orang. Sehingga diperlukan adanya persatuan kekompakan bersama dari berbagai elemen mulai dari pemerintahan hingga elemen masyarakat umum.
Gerakan kepedulian tersebut terjadi beberapa pekan lalu. Pada hari Sabtu (16/5/2020) siang telah dilaksanakan kegiatan Program Edukasi Dan Pendampingan Desa Tanggap Covid-19 yang berlokasi di Balai Desa Jrebeng, Kecamatan Dukun, Gresik. Sejumlah warga desa di Kabupaten Gresik, Jawa Timur turut datang untuk mengikuti program yang digagas oleh Ikatan Alumni Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya yang bekerjasama dengan Task Force Kemanusiaan Komunitas Kantin ITS dan Pemdes Jrebeng.
Dalam kegiatan kepedulian tersebut BEM Politeknik Negeri Banyuwangi yang diwakili oleh Ketua BEM Rino Bakhtiar dan Wakil Ketua BEM Bagus Alfiyan P.S dengan memperhatikan protokol kesehatan menjadi salah satu instruktur pelatihan tersebut yang memberikan materi tentang cara memakai dan melepas baju APD, evakuasi korban dan pembuatan tandu, pembuatan face shield atau penutup wajah, pembuatan Hand Sanitizer dan sabun ramah lingkungan, hingga pemulasaran jenazah yang terpapar virus corona atau Covid-19 dengan didampingi oleh Pembina BEM Poliwangi Hery Inprasetyobudi, S.T., M.T sekaligus sebagai Koordinator Kompartemen Kebencanaan Ikatan Keluarga Alumni Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (IKA ITS).
Melalui kegiatan tersebut, warga juga diberikan sosialisasi tentang perlakuan terhadap kedatangan pemudik serta sikap seperti apa yang harus diambil saat menghadapi masa pandemi corona. Kegiatan sosial ini diapresiasi dan disambut baik oleh Kepala Desa Jrebeng Suja'i yang mengaku senang warga di desanya diberi pemahaman terkait pencegahan corona terlebih cara pemulasaran jenazah orang yang diduga terpapar corona. Apalagi di masa pandemi ini, persebaran corona sangat cepat. Maka dari itu, pemdes berkewajiban selalu tanggap serta mencarikan solusi atas sikap yang harus diambil masyarakat menghadapi pandemi. "Jadi kita tak hanya butuh sembako dalam menangani dampak corona. Tapi, di sini kita dapat ilmu yang bagus dan sangat bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya.
Tidak ada yang lebih penting sekarang selain pergerakan yang bermanfaat bagi banyak orang. Ini adalah masalah kita bersama, ini adalah tantangan yang harus kita hadapi bersama. Oleh karena itu diperlukan dukungan dari semua pihak tanpa membedakan status jabatan mulai dari tukang becak, petani, buruh hingga presiden sekalipun. Tidak membedakan orang bodoh atau pintar mulai dari mereka yang tidak sekolah hingga mereka yang berstatus sebagai profesor sekalipun. Tapi ini tanggung jawab kita bersama.
Kita Bisa, Kita Mampu, Kita Berani!!
Demi Ibu Pertiwi, Demi Kesejahteraan Bangsa.
Mulailah semuanya dari hal kecil dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Menggunakan masker ketika bepergian, rajin cuci tangan, menjaga kebersihan, rajin berolahraga serta menerapkan Physical Distancing.
#BanyuwangiLawanCorona
#PMIBanyuwangi

  Komentar untuk PROGRAM EDUKASI DAN PELATIHAN DESA TANGGAP COVID-19

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru

Berita Warga
7 jam

Mengenal Kereta LRT Jakarta

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cilandak, Jakarta Selatan

Terpopuler

  1. Pemuda Banyuwangi Bagikan Sembako Mandiri Kepada Warga Terdampak Covid-19

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Srono, Banyuwangi  |  10 Jul 2020
  2. Aksi MasBayu #6 Wirogunan di Kampung Nyutran

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  12 Jul 2020
  3. RAPID TEST COVID-19: Dalam Kacamata Medis dan Pendapat Masyarakat

    Dhevi Citra  di  Manguharjo, Madiun Kota  |  10 Jul 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Hubungi Pak Syamsul Untuk Cuci Mobil Panggilan Wilayah Jaksel

    Widya Sari  di  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan  |  7 Jul 2020
  2. 1
    Komentar
  3. 0
    Komentar

    Penularan COVID-19 Airborne, Emang Iya? Part 2

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Tawang, Tasikmalaya Kota  |  11 Jul 2020
  4. 0
    Komentar

    Layanan Gojek dan Grab Bike Aktif Kembali di Kota Bekasi

    Wisnu Artedjo  di  Bekasi Kota  |  9 Jul 2020