Prepegan, Tradisi Masyarakat Jawa Menyambut Lebaran

14234 medium data

Detail Acara



Brebes - Setiap kali menjelang lebaran, ada satu tradisi yang sampai kini masih tetap berlangsung di kalangan masyarakat Jawa. Tradisi itu adalah prepegan, yaitu pergi ke pasar untuk belanja kebutuhan lebaran pada hari terakhir puasa.

Di masyarakat Brebes, Jawa Tengah, prepegan hampir menjadi suatu kewajiban menjelang lebaran, meski sekedar membeli bunga untuk ziarah. Lebaran tidak afdol bila melewatkan tradisi prepegan. Tradisi prepegan ini dimulai dua hari menjelang hari raya.

Pada prepegan kecil, dua hari menjelang lebaran, warga akan belanja ke pasar untuk mencari kebutuhan dasar yang harus ada saat lebaran. Seperti kuliner ketupat, lepet dan kebutuhan lain seperti peralatan ziarah makam baik itu bunga dan daun pandan.

Sedangkan prepegan besar yang berlangsung sehari sebelum lebaran, warga akan mencari kelengkapan pakaian dan sepatu sandal dan lainnya. Belanja pada prepegan besar ini cenderung menghabiskan uang dalam jumlah besar karena barang yang akan dibeli harganya mahal.

Pada saat prepegan, jumlah pedagang pun naik sebanding dengan banyaknya jumlah pembeli. Di prepegan ini banyak sekali pedagang musiman yang hanya aktif pada momen-momen tertentu. Pada hari biasa mereka beraktifitas sebagai petani dan buruh.

Mereka menggelar dagangan di sepanjang jalan jalan kawasan pasar. Tidak hanya sembako dan pakaian yang dijajakan, namun juga kebutuhan lain seperti aneka bunga dan anyaman janur untuk ketupat.

Masruroh (51), pedagang janur dan kembang ini mengaku hanya berjualan saat momen-momen tertentu. Selain saat prepegan beberapa moment lain adalah saat menjelang Jumat Kliwon dengan berdagang kembang.

"Biasanya bertani, tapi kali ini dagang khusus kebutuhan lebaran, bunga dan janur ketupat. Kalau laku semua untungnya lumayan," kata Masruroh.

Pengamat budaya Pantura, Atmo Tan Sidik, tradisi prepegan sejalan dengan tradisi memberikan uang lebaran (pecingan) pada hari terakhir. "Semiskin apapun, pada saat menjelang hari raya akan memiliki keinginan untuk membuat ketupat dan bayar zakat," katanya.

Komentar