Potensi dan Peluang Tanaman Porang

0 0 24
Gambar untuk Potensi dan Peluang Tanaman Porang
Sumber pati minor dapat berupa berbagai macam umbi seperti uwi, gembili, kimpul, ganyong, garut, suweg, iles-iles dan porang. Pemanfaatan sumber pati minor sebagai produk pangan alternatif yang dapat membantu mengurangi impor gandum masih sangat sedikit. Salah satu tanaman yang sangat potensial untuk dikembangkan dari sumber pati minor tersebut adalah Porang. Keistimewaan porang antara lain adalah kemampuannya tumbuh dan berproduksi di bawah naungan.

Tanaman porang adalah tanaman lokal Indonesia penghasil tepung yang dapat dikembangkan sebagai bahan pengganti tepung terigu, karena mengandung pati atau karbohidrat yang cocok untuk dijadikan bahan baku pangan pokok. Kelebihan lain tanaman ini adalah menghasilkan tepung dengan kandungan serat terutama serat larut yang tinggi yaitu 64% dari berat kering, sehingga sangat baik untuk kesehatan antara lain mengurangi kadar gula darah dan kolestrol. Umbi porang mengandung sejenis karbohidrat yang disebut glukomanan. Glukomanan memiliki fungsi sebagai pengenyal, pembentuk tekstur dan pengental makanan. Rasa tepung porang netral, sehingga mudah dipadupadankan dengan beragam bahan sebagai bahan baku mie, roti, kue tradisional dan modern. Untuk membuat rasa mie basah dari porang lebih enak dapat ditambahkan karagenen yang merupakan ekstrasi dari rumput laut merah jenis Eucheuma cottonii. Manfaat karagenen antara lain sebagai stabilisator, pengental, pembentuk gel maupun pengemulsi.

Rincian kegunaan tepung porang yang glukomannya tinggi sebagai berikut:

1. Mempunyai daya merekat yang kuat, maka dapat dimanfaatkan:
(a) bidang industri kertas digunakan untuk bahan perekat kertas (lem) yang berkualitas tinggi
(b) lem yang bahan bakunya dari tepung porang (glukomanan tinggi) lebih menguntungkan dari pada perekat biasa karena tidak kehilangan daya rekatnya pada kasus terjadinya pembekuan
(c) dalam bidang mikrobiologi, tepung porang dapat menggantikan fungsi agar-agar atau gelatin
(d) di bidang farmasi sebagai pengisi tablet (penghancur tabletdan berfungsi sebagai pengikat)
(e) di bidang industri bermanfaat untuk membuat jas hujan, industri cat dan industri tekstil
(f) di industri pertambangan, tepung porang dapat digunakan sebagai pengikat meneral yang tersuspensi secara koloidal pada hasil awal penambangan
(g) sebagai penjernih air minum yang berasal dari sungai dengan cara mengendapkan lumpur yang tersuspensi didalam air.

2. Mempunyai kegunaan berupa tingkat kekedapan yang tinggi manakala tepung porang dalam bentuk pasta kering, karena mempunyai sifat resistensi tinggi terhadap air bila mana tepung porang dalam bentuk adonan dikeringkan maka akan membentuk suatu lapisan yang impermeable. Oleh karena itu tepung porang sangat potensial dalam mendukung industri pesawat.

3. Berdasarkan pada struktur kimianya, di mana tepung porang dengan kandungan glukomannan yang tinggi dan sangat mirip selulosa, sehingga tepung porang dapat di pakai sebagai bahan pembuatan seluloid, bahan peledak, isolasi listrik, film, edible film, bahan toilet dan kosmetik.

4. Terhadap industri pangan sehubungan dengan tepung porang sebagai sumber “dietery fibre” telah banyak dimanfaatkan untuk bahan baku pangan“sehat”seperti: jely, mie, tahu, dll. Bahkan masyarakat jepang secara khusus telah menggunakan tepung porang tersebut sebagai bahan makanan kegemaran yang sangat baik untuk penderita diabetes, yaitu konyaku (bahan makanan dalam bentuk tahu) dan shirataki (makanan berbentuk mie), bahan makanan cocktail dan cendol.

5. Keunggulan umbi porang dari nilai gizi dan kesehatan adalah sebagai berikut: membuat kadar kolestrol normal, mencegah diabetes, mencegah tekanan darah tinggi, membantu orang yang kelebihan berat badan.

Sumber: Kementan RI

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru

Loker
2 jam lalu

Admin RZB Beef Sentul

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Babakan Madang, Bogor Kabupaten

Terpopuler

  1. Lowongan Karyawati Staff Packing dan Admin Jakarta

    Gibran Waluyo  di  Grogol Petamburan, Jakarta Barat  |  11 Jan 2021
  2. Kurir J&T Surabaya

    Gibran Waluyo  di  Surabaya  |  13 Jan 2021
  3. Driver Cinta Quran Foundation

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Utara, Bogor Kota  |  13 Jan 2021
  4. Kurir Reguler

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Citeureup, Bogor Kabupaten  |  13 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    Driver Cinta Quran Foundation

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Utara, Bogor Kota  |  13 Jan 2021
  2. 3
    Komentar

    Lowongan Driver / Supir Kelapa Gading

    Gibran Waluyo  di  Kelapa Gading, Jakarta Utara  |  12 Jan 2021
  3. 2
    Komentar

    Mekanik AHASS Murni Motor

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Selatan, Bogor Kota  |  14 Jan 2021
  4. 2
    Komentar

    Kasir dan Cleaning Service Hotel Medan

    Indah Pratiwi  di  Medan Kota  |  14 Jan 2021