PMI BANYUWANGI BUKA FORUM DISKUSI KONSEP RUMAH AMAN GEMPA

21 February 2020, 09:40 WIB
4 0 170
Gambar untuk PMI BANYUWANGI BUKA FORUM DISKUSI KONSEP RUMAH AMAN GEMPA
Banyuwangi, 19/02/2020 FGD atau Forum Group Discussion Konsep Retrofitting (penguatan rumah aman gempa) dibuka oleh PMI Banyuwangi bertempat di Kelurahan Taman Baru.

Dibuka oleh DR. H. Nurhadi MM, selaku Wakil ketua 1 PMI Banyuwangi menyampaikan, "Banyuwangi sebagai Pilot Project Kesiapsiagaan Gempa Bumi Indonesia yang dilaksanakan di 2 wilayah yaitu Sukabumi dan Banyuwangi, ini semua berkat kerjasama PMI dan Palang Merah Amerika yang didukung oleh USAID. " Gempa bumi adalah bencana yang tidak bisa diprediksi dan tiba tiba, maka PMI mengajak masyarakat untuk siap siaga untuk menghadapinya, sehingga ini adalah upaya dan ikhtiar kita dalam mengurangi kerugian jiwa dan bangunan yang ditimbulkan oleh bencana gempa bumi." jelasnya.

Perwakilan PMI pusat Hanna, menyambung memperkenalkan Consultan teknik kontruksi bangunan aman gempa Mr.Arwin dari Jakarta. Beliau juga memaparkan tujuan program dan steps yang sudah dan akan dilakukan PMI Banyuwangi hingga sosialisasi retrofitting penguatan rumah aman gempa.

Adapun Tujuan Jangka panjang Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi Indonesia secara fisik mengurangi kerugian baik jiwa maupun bangunan yang ditimbulkan oleh bencana gempa bumi, dan tujuan sosialnya untuk meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang bencana gempa bumi dan mengenali wilayahnya yang rawan gempa.

Mr.Arwin Soelakso ,15 tahun bergelut di bisnis konstruksi pernah dilibatkan dalam pembangunan pasca gempa bersusul tsunami di Aceh. Pun menurutnya beliau pernah turut dalam pembangunan 3000 rumah di Nepal. Dan selama berkarir sudah mencapai rekor 8000 bangunan. Dan beliau bersyukur pernah andil dalam pemulihan kebencanaan akibat gempa, banjir, longsor, liquivaksi dan tsunami.

PMI Banyuwangi dalam Diskusi ini mengundang hadirkan Lurah, Tukang bangunan, kontraktor, pemborong bangunan, Badan keswadayaan Masyarakat, dan sibat dari 2 kelurahan pelaksana program yaitu kelurahan Mojopanggung dan Taman Baru.

Dalam diskusinya yang hidup Mr. Arwin menyampaikan 7 prinsip kaidah ilmu bangunan dalam konsep retrofitting atau penguatan rumah aman gempa. Secara garis besar konsep retrofitting menitikberatkan keselamatan, yaitu pada sistem pemasangan pilar , konsep penguatan dinding, ikatan, konsep pemasangan kuda kuda atau atap lebih ringan, dan memperhatikan furniture. Untuk informasi konsep lebih detail, PMI akan adakan pelatihan tukang terkait sosilalisasi Retrofitting, " ujarnya.

Pesan beliau " Tukang harus mampu menyampaikan untuk pemasangan atap non asbes, mengingat asbes tidak baik untuk kesehatan, karena serpihan asbes yang terhirup, bisa menyebabkan kanker dalam tubuh. Jika sudah terlanjur upayakan pengecetan asbes supaya terlindung lapisan." imbuhnya.

Di akhir diskusi disampaikan pihak PMI Pusat bahwa dana akan disiapkan pihak PMI, dan nanti akan ada pendampingan consultan dalam praktek tukang.

# atap ringan lebih aman
# atap non asbes itu the best
# Tahap sosialisasi Retrofitting
# Selamatkan keluarga itu penting

  Komentar untuk PMI BANYUWANGI BUKA FORUM DISKUSI KONSEP RUMAH AMAN GEMPA

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. VERIFIKASI NO HP TERDAFTAR UNTUK PROGRAM KJP PLUS DAN KJMU

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Jatinegara, Jakarta Timur  |  6 Apr 2020
  2. PENDAFTARAN DAN PENGKAITAN REKENING KJP PLUS DAN KJMU KE JAKONE MOBILE

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cilincing, Jakarta Utara  |  6 Apr 2020
  3. Data Penerima Bantuan Sosial Terdampak COVID-19 Kota Bekasi

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bekasi Kota  |  19 jam
  4. Keseriusan Warga BTN Kopang dalam Pencegahan COVID - 19

    narma  di  Kopang, Lombok Tengah  |  6 Apr 2020

Komentar Terbanyak

  1. 6
    Komentar

    Resep Brownies Chocolatos Sebagai Bekal Stay Home

    Dortayanfa Dortayanfa  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  9 Apr 2020
  2. 5
    Komentar

    FAMILY QUALITY TIME.

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  6 Apr 2020
  3. 4
    Komentar

    Dendek Pagah!

    Dortayanfa Dortayanfa  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  14 jam
  4. 4
    Komentar