Pipa Transmisi PDAM Tirtawening Pecah, Pasokan Air Bersih Terganggu Hingga Akhir November

40837 medium pipa transmisi pdam tirtawening pecah  pasokan air bersih terganggu hingga akhir november
Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Bapak Sonny Salimi bersama Direktur Air Minum Ibu Rachmawati Rachman meninjau perbaikan pipa transmisi Cisangkuy Baru dengan jenis pipa DCIP (Ductile Cast Iron Pipe) yang berdiameter 850 mm, di Desa Margahurip RT.01 RW.12 Kecamatan Banjaran Kab.Bandung, Minggu 25 November 2018.

Pipa tersebut telah berumur 28 tahun, Pemasangan pertama dilakukan pada tahun 1990. Pipa jalur Cisangkuy baru ini merupakan penghantar air baku PDAM Tirtawening Kota Bandung dari Cikalong ke Instalasi Pengolahan Air Badaksinga sebesar ± 725 l/detik, secara manual book kapasitas desain pipa transmisi tersebut adalah ± 800 l/detik.

Antisipasi kebocoran pipa transmisi Cisangkuy yakni penambahan debit aliran air yang kami persiapkan ± 275 l/detik dari Intake Dago Bengkok : ± 150 l/detik dan Intake Sabuga : ± 125 l/detik.

Sehingga debit produksi aliran air yang hilang selama pipa transmisi Cisangkuy pecah adalah sebesar 725 l/detik – 275 l/detik hanya 450 l/detik. PDAM Tirtawening Kota Bandung saat ini sedang mengupayakan penggantian pipa dan penggantian air baku dengan memanfaatkan Sungai Cikapundung. Untuk penyebab terjadinya pipa pecah saat ini kami masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

Estimasi jumlah pelanggan yang terganggu untuk Wilayah Barat dan Timur sebanyak : ± 103.569 SL (Sambungan Langganan) terdiri dari : - Wilayah Barat. : ± 41.820 SL - Wilayah Timur : ± 61.749 SL, Untuk sementara aliran air kepada sebagian pelanggan yang mendapat supply air dari Pengolahan Badaksinga akan terganggu selama ± 4 s.d 5 hari terhitung mulai tanggal 25 November 2018.

Sumber: Rilis Pers PDAM Tirtawening Kota Bandung
Sudah dilihat 16 kali

Komentar