Pertolongan Pertama Pada Korban Kecelakaan

2 July 2019, 23:30 WIB
4 0 101
Gambar untuk Pertolongan Pertama Pada Korban Kecelakaan
Jumlah kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 98,9 ribu kasus menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) 2015, dan menyebabkan kematian hingga 26 ribu orang meninggal.

Dalam kasus kecelakaan, korban memerlukan pertolongan pertama demi mencegah akibat terburuk, yaitu kematian. Tidak jarang kematian diakibatkan karena korban terlambat mendapatkan pertolongan. Pertolongan pertama dapat membantu korban sebelum ditangani pihak medis.

Apa saja pertolongan pertama ketika menemui kasus kecelakaan?
1.Memanggil layanan darurat 112 untuk menjelaskan apa yang terjadi, berapa jumlah korban, kondisi korban, dan lokasi tempat kejadian. 

2.Memberi ruang terbuka untuk korban itu penting. Mintalah orang lain tidak mengerumuni korban agar ia mendapatkan oksigen yang cukup untuk bernafas.

3.Jika ada cedera dalam seperti luka patah tulang, jangan memindahkan posisinya, karena itu berpotensi memperparah cedera.

4.Korban berpotensi mengalami shock pascakecelakaan yang biasanya ditunjukkan dengan wajah yang memucat. Untuk menanganinya, berilah korban kenyamanan agar tubuhnya kembali hangat. Lalu, longgarkan ikat pinggang dan kancing kerah baju agar peredaran darah kembali lancar.

5.Berlututlah di samping korban untuk memeriksa jika ada pendarahan, lalu tekan dan tutup bagian luka agar korban tidak kehabisan darah. Apabila darah masih mengalir, ikat bagian atas luka dekat jantung dengan sehelai kain.

Yuk, pelajari pertolongan pertama pada korban kecelakaan!

Sumber: IndonesiaBaik (Kemkominfo RI)

  Komentar untuk Pertolongan Pertama Pada Korban Kecelakaan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!