Pertama di Indonesia, Bogor Resmi Terapkan Pelajaran Antikorupsi di Sekolah

60279 medium perwal %281%29
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Kota Bogor menjadi kota pertama di Indonesia yang menerapkan pelajaran antikorupsi di lingkungan sekolah. Kepastian tersebut disapatkan setelah Wali Kota Bogor, Bima Arya menerbitkan Peraturan Wali Kota tentang imbauan mewajibkan pelajaran antikorupsi di lingkungan sekolah.

"Hari ini, menjadi hari penting untuk pemberantasan korupsi di Kota Bogor dan menjadi pertama di Republik, pertama kota dan kabupaten yang punya perwali yang wajibkan akan pelajaran anti korupsi di sekolah," ujar Bima Arya disela peluncuran perwali pelajaran wajib antikrupsi di SMP N 7 Kota Bogor, Kamis (2/5/2019).

Pelajaran antikorupsi ini akan diterapkan di jenjang pendidikan Sekolah Dasar hingga SMP terhitung mulai hari ini. Pelajaran antikorupsi akan dimasukan dalam mata pelajaran yang sudah ada sebelumnya.

"Teknisnya dimasukan ke mata pelajaran PPKN dan agama jadi mata pelajaran yang sudah ada itu ada muatan pelajaran antikorupsinya," kata Bima.

Bima menuturkan, nantinya pelajaran antikorupsi ini tidak hanya berpatok pada buku saja namun juga mendatangkan para pegiat antikorupsi atau LSM antikorupsi untuk memberikan materi pelajaran.

"Dan saya juga minta banyak diberikan cerita inspiratif tokoh-tokoh bangsa kita seperti Bung Hatta atau Natsir yang ketika menjadi menteri tidak mau menyalakan listrik di rumahnya jika digunakan untuk kepentingan pribadinya karena dia tahu itu dibayarkan oleh negara," ujarnya.

Menurutnya, pelajaran antikorupsi ini penting untuk diterapkan di sekolah agar generasi penerus bangsa mendapatkan pemahaman sejak awal mengenai bahayanya korupsi dan dampaknya bagi pembangunan negara.

"Semuanya berawal dari pendidikan di undang-undang sebetulnya juga ada amanatnya, dan Kota Bogor menjalankan itu melalui perwali, kita berharap iklim anti korupsi mengakar di sekolah karena laporan praktik korupsi juga ada di sekolah, kita ingin anak sekolah di Bogor jadi generasi yang bisa membentengi korupsi," ungkapnya.
Sudah dilihat 48 kali

Komentar